Hakikat Surat Al-Kahfi

Standar

near-death-experience-1Diterjemahkan dari page PROPHET MUHAMMAD (SAW) – THE LAST AND GREATEST OF ALL PROPHETS. di fb.

Pernahkah kita bertanya-tanya, mengapa Nabi Muhammad (SAW) meminta kita untuk membaca Surat Al-Kahfi setiap hari Jumat?

Surah ini memiliki empat cerita di dalamnya, memiliki beberapa moral, mari kita lihat dan pahami apa yang ada dalam Surat tersebut:

1) Orang Gua
Ini kisah pria muda yang tinggal di sebuah kota kafir, sehingga mereka memutuskan untuk bermigrasi demi Allah dan melarikan diri dari kehidupan sosial di kota tersebut. Allah mengaruniakan mereka dengan tempat persembunyian di dalam gua dan perlindungan dari matahari. Allah juga menganugerahkan kebangkitan mereka dari tidur, dan ketika mereka keluar gua, seluruh desa mempercayai cerita mereka.
Moral: ujian iman

2) Pemilik dua kebun
Sebuah cerita tentang seorang pria yang Allah diberkati dengan dua kebun yang indah. Yang satu orang khilaf enggan memanjatkan syukur kepada Allah yang telah memberkatinya dengan segala sesuatu, dan ia bahkan berani meragukan Allah tentang akhirat. Ketika kebunnya dihancurkan kembali oleh Allah – ia menyesal, tapi sudah terlambat dan penyesalannya tidak berguna.
Moral: ujian kekayaan
3) Musa (as) dan Khidir (as)
Ketika Musa (as) ditanya- “siapa yang paling bijaksana dari orang-orang bumi?”
“Musa (as) berkata: saya ….” Tapi Allah mengungkapkan kepadanya bahwa ada seseorang yang tahu lebih dari dia. Musa (as) melakukan perjalanan mencari pria itu (Nabi Khidir as) dan belajar bagaimana kebijaksanaan ilahi kadang-kadang tersembunyi dalam hal yang kita anggap buruk.
Moral: ujian pengetahuan

4) Dzul-qarnayn
Ini adalah kisah raja besar yang diberikan pengetahuan dan kekuasaan dan berkeliling dunia, membantu orang dan menyebarkan semua yang baik. Dia mampu mengatasi masalah-Yajuz Ma’juz dan membangun bendungan besar dengan bantuan orang-orang yang ia bahkan tidak bisa mengerti.
Moral: ujian kekuasaan

Di tengah surah Allah menyebutkan Iblis sebagai seorang yang menimbulkan uji coba ini:
Lihatlah! kami berkata kepada para malaikat “sujud kepada adam”: mereka sujud kecuali iblis. Dia adalah salah satu dari jin, dan ia membangkang pada perintah tuannya. Akankah kamu kemudian mengambil dia dan keturunannya sebagai pelindung daripadaKu? Mereka adalah musuhmu!

Sekarang mari kita lihat apa hubungan antara surat al-Kahfi dan Dajjal (anti-kristus)?

Dajjal akan muncul sebelum hari penghakiman dengan 4 percobaan:
A. Dia akan meminta orang untuk menyembahnya dan bukan Allah: ujian iman.
B. Dia akan diberi kekuasaan untuk mendatangkan/menghentikan hujan seketika dan menggoda orang dengan kekayaannya: ujian dengan kekayaannya.
C. Dia akan menguji orang dengan “pengetahuan” dan ia memberi mereka berita : ujian pengetahuan.
D. Dia akan mengontrol bagian-bagian besar dari bumi: ujian kekuasaan.

Bagaimana untuk dapat melewati uji coba ini? Jawabannya ada di Surat Al-Kahfi:

Survival kit 1: Persahabatan yang baik
“Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.”
(QS. Al-kahfi, ayat 28)

Survival kit 2: Mengetahui kebenaran di dunia ini
Dan berilah perumpamaan kepada mereka (manusia), kehidupan dunia adalah sebagai air hujan yang Kami turunkan dari langit, maka menjadi subur karenanya tumbuh-tumbuhan di muka bumi, kemudian tumbuh-tumbuhan itu menjadi kering yang diterbangkan oleh angin. Dan adalah Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.
(QS. Al-kahfi, ayat 45)

Survival kit 3: Kerendahan hati.
Musa berkata: “Insya Allah kamu akan mendapati aku sebagai seorang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam sesuatu urusan pun”.
(QS. Al-kahfi, ayat 69)

Survival kit 4: Ketulusan.
Katakanlah: “Sesungguhnya aku ini hanya seorang manusia seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: “Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan Yang Esa”. Barang siapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya maka hendaklah ia mengerjakan amal yang shaleh dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam beribadah kepada Tuhannya”
“(QS. Al-kahfi, ayat 110)

Survival kit 5: Memanggil kepada Allah.
Dan bacakanlah apa yang diwahyukan kepadamu, yaitu kitab Tuhan-mu (Al Qur’an). Tidak ada (seorang pun) yang dapat mengubah kalimat-kalimat-Nya. Dan kamu tidak akan dapat menemukan tempat berlindung selain daripada-Nya.
(Surat al-kahfi, ayat 27)

Survival kit 6: Mengingat akhirat.
Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak Kami tinggalkan seorang pun dari mereka.
Dan mereka akan dibawa ke hadapan Tuhanmu dengan berbaris. Sesungguhnya kamu datang kepada Kami, sebagaimana Kami menciptakan kamu pada kali yang pertama; bahkan kamu mengatakan bahwa Kami sekali-kali tidak akan menetapkan bagi kamu waktu (memenuhi) perjanjian.
Dan diletakkanlah kitab, lalu kamu akan melihat orang-orang yang bersalah ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan mereka berkata: “Aduhai celaka kami, kitab apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar, melainkan ia mencatat semuanya; dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). Dan Tuhanmu tidak menganiaya seorang jua pun”.
(surat al-kahfi, ayat 47-49)

Silakan dishare, tanpa perlu izin dahulu, insyaAllah yang benar berasal dari Allah swt, dan yang salah berasal dari saya belaka.

Subhanallah, Allahu Akbar! Ayo raih kuncinya: tinggalkan riba…!  Bergabunglah dengan komunitas yang baik, yang melepaskan diri dari sistem ekonomi dajjalism, (masuk ke dalam gua) dan luruskan niat hanya untuk menggapai ridho Allah swt.   Bismillah…

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s