InsyaAllah tahun ini saya dan suami akan menunaikan ibadah haji.  Sebelum berangkat, kami tentunya perlu mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk surat wasiat apabila kami tidak ada umur untuk kembali lagi ke pangkuan keluarga.  Surat wasiat yang saya buat baru saja seperti di bawah ini.

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Kepada yang kami hormati dan sayangi, Ate Hera Ganefi Tamara Dwindayani  dan kakak kami Ade Suryatna, yang kami percaya untuk memegang amanah ini,

Assalamu’alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh,

Terima kasih sebelumnya telah bersedia menyimpan surat ini, dan terima kasih lagi atas kesediaannya menyimpan dan melaksanakan amanah yang tertulis dalam surat ini, untuk kepentingan anak-anak kami Yasmin Kania Fatiha (Yasmin) dan Muhammad Salman Ahady (Salman).  Semoga Allah melimpahkan kebaikan yang banyak, kekuatan, kesabaran serta limpahan balasan atas amanah  yang akan dilaksanakan ini.

Saat ini, dengan kehendak Allah kami telah tiada di dunia ini, namun demikian kami tidak berkehendak meninggalkan keturunan yang lemah, dan sudah mengusahakan untuk meninggalkan bekal baik harta maupun arah pendidikannya.     Tiada daya upaya dan kekuatan melainkan milik Allah, semoga Allah mengabulkan keinginan kami ini melalui kasih sayang yang dianugerahkan kepada keluarga besar yang menaungi anak-anak kami selama di dunia hingga saat mereka dewasa dan mandiri.

Amanah kami adalah sebagai berikut :

  1. Yasmin dan Salman dididik untuk dunia dan akhirat di Pesantren, selepas dari pendidikan dasar SD di Kebon Maen hingga mereka mandiri (tabungan pendidikan dijelaskan pada lampiran).
  2. Hutang-hutang kami dibayarkan kepada pihak bank berbentuk cicilan rumah, cicilan pinjaman koperasi, dan pihak yang menagih dengan keyakinan yang kuat dari pihak keluarga (saat ini kami merasa tidak dalam kondisi berhutang pada pihak perorangan).    Rincian hutang pada lampiran.
  3. Barang siapa yang berhutang pada kami, maka insyaAllah telah kami ikhlaskan seluruhnya dan tidak ada urusan lagi dengan kami pada hari penghisaban nanti.
  4. Apa yang telah kami sisihkan untuk tabungan pendidikan anak kami, tetap terpisah, tidak digabungkan dengan harta waris yang boleh dibagi sesuai dengan ketentuan hukum Islam.
  5. Hak-hak kami dari kantor perusahaan tempat kami bekerja, dapat dimasukkan kepada total harta waris yang dapat dibagikan sesuai hukum Islam.
  6. Membagi harta waris kami sesuai dengan ketentuan hukum Islam,  atas semua harta yang kami miliki setelah dikurangi bagian yang disediakan untuk pendidikan Yasmin dan Salman serta hutang-hutang kami.  Rincian harta, tabungan pendidikan anak-anak, dan hutang-hutang tertera  pada lampiran.
  7. Bagian  warisan dan tabungan pendidikan untuk anak-anak kami dapat dipergunakan untuk keperluan hariannya, dengan pengaturan oleh pemeliharanya hingga saat dewasa nanti.

Demikian amanah kami, semoga Allah mengampuni dosa-dosa kami, memudahkan hisab kami dan memasukkan kami ke dalam jannatun na’im, amin yaa robbal ‘aalamiin.

Wassalaamu’alaikum waroh matullaahiwabarokatuh

Yudi Sudrajat dan Dina Agustin Wulandari

Semoga Allah mengampuni seluruh dosa kami, dan menjadikan kami haji dan hajjah yang mabrur.  Mohon maaf lahir bathin,  izinkan kami berangkat dengan hati yang bersih dan ikhlas dari seluruh keluarga dan kerabat.

Semoga kita bertemu kembali di keabadian, amin yaa robbal ‘aalamiin.

10 pemikiran pada “Surat Wasiat

  1. TD….semoga perjalanan hajinya lancar, selamat, barokah dan dapat pulang lagi ke rumah berkumpul dengan keluarga…..love you!

    1. Love you too sis🙂 TD akan doakan di sana semoga cita2 nengcha dan Aymen terkabul, dan yang terbaik untuk kalian berdua dari Allah. Dan segera bisa menyusul memenuhi panggilan-Nya.

  2. Tiba-tiba pengen mengunjungimu…
    Barokallahu lakum… semoga Allah SWT melancarkan, memudahkan dan menyampaikan ‘amalan haji Dina & suami hingga menjadi haji mabrur… Do’akan kami Din, smg jg Allah ijinkan bisa berhaji…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s