Selain aku, belum ada yang hapal di kantor soal watak penyakitku yang satu ini.  Walau pun jarang terjangkit lagi semenjak kenal supplemen herbal dan thibbun nabawi, kalau sedang apes seperti 18 hari yang lalu, batukku bisa mengganggu lingkungan sehingga perlu dilaporkan kepada otoritas yang berwenang.

Batuk yang kualami ini jenisnya kering dan bergaung, bunyinya diproduksi dari rongga tenggorokan di bagian paling dalam yang bernama bronchus.   Terakhir kualami di tahun 2007 , dan jangka waktunya bikin aku nyaris depresi.  Orang bilang, kalau belum 100 hari mungkin belum saatnya padam.

Tidak menambah baik suasana, sinusku ikut-ikutan gering.  Jadi duet sinus dan bronchus mewarnai hari-hariku delapanbelas hari terakhir ini.  Dua kali periode dosis antibiotik sudah habis, baru sinusitisku yang merespon positif.  Batuk kering itu, aduh, masih mengganggu acara-acara pribadiku dengan si ayah.  *halah*

Belum 100 hari istilahnya, jadi masih harus bersabar.

Selain menghadapi penyakit ini, kesabaranku juga harus disediakan untuk teman-teman di kantor.  Ato sebaliknya, hehe.  Ini sih yang bener.  Soalnya suara batuk itu benar-benar mengenaskan.

Beberapa saran obat batuk dari kolega :

Herbal : jeruk nipis campur kecap, kencur dilalap pakai garam.

Obat kimia : antibiotik, codein, nellco, benadril, vit C dsb

Obat yang aku coba :

Herbal : jeruk lemon campur madu, kencur dilalap pakai garam, bawang putih digeprek sesiung lalu ditambah 2 sendok madu asli, mengunyah timun sebagai cemilan, tentu ditambah obat sapu jagat yang biasa kukonsumsi : spirulina, kapsul habbatussauda oil, minyak ikan, kapsul Ester-C, dan jelli gamat.

Obat kimia : antibiotik, antiradang, OBH Nellco, OBH Combi, OBH-OBH yang lainnya.

Selain semua obat di atas, menurutku yang telah mengalaminya berkali-kali sepanjang usia yang 36 tahun ini, sudah hapal betul obat yang manjur supaya sembuh:  konsisten berobat, dan bersabar dalam prosesnya.   Allah Maha Tahu insan mana yang layak diberikan kesehatan, setelah diberi-Nya penyakit.    

Memang nggak ada obat batuk yang benar-benar manjur secara instan 😉  Semoga Allah menggugurkan dosa-dosaku karenanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s