Di jaman sekolah dasar dulu aku pernah diberi tahu sebuah fakta. Yaitu ada tanaman yang meranggas di musim kemarau.   Yang sering dicontohkan waktu itu adalah pohon randu.   Aku dan teman-teman sampai mencari-cari letak pohon itu di lingkungan sekolah kami, dan tidak menemukan satu pun.   Padahal tidak usah susah-susah mencari pohon randu.  Bila diperhatikan, semua jenis pohon mengalami siklus meranggas – menghijau sesuai kondisi lingkungannya.  Ini aku perhatikan dari pohon mangga di depan rumahku yang berhenti mengeluarkan daun baru dan merontokkan daun-daun tuanya selama beberapa hari.

Sayangnya waktu itu aku  belum diberi tahu lebih jauh mengenai fakta bahwa setiap tanaman pohon buah,  juga meranggas dulu beberapa lama sebelum akhirnya mengeluarkan buahnya.

Saat ini, ketika menyambungkan informasi tersebut dengan pengetahuan bahwa  kupu-kupu yang indah,  berasal dari ulat yang telah bertapa selama 7 hari 7 malam,   kemudian ada  induk ikan yang tidak makan hingga telur-telur yang  dierami di mulutnya menetas.  Lalu,  ada ular yang berganti kulit tua dengan yang baru dan mulus setelah tidak makan berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan.  DENG!  Paham aku kini.

Bahwa sudah sunatullah semua makhluk hidup mengalami masa puasa dalam siklus hidupnya.  Dan bahwa  setelah puasa itu, mereka dapat hadir dalam wujud yang lebih baik dari sebelumnya, bahkan menghasilkan buah.

Subhanallah.  Subhanallah. Subhanallah.

Dan apakah manusia, yang diberikan pilihan  antara puasa/tidak puasa,  puasa lahir bathin/puasa makan tapi ghibah jalan terus, dapat mewujud menjadi manusia yang lebih baik setelah Ramadhan?

Semua tergantung  pilihan mana yang diambil oleh manusia tersebut.  Semoga kita termasuk yang berbuah dan mewujud lebih baik ya🙂

Selamat menjalankan ibadah shaum, teman-teman🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s