BBYang punya BB pasti ngerti deh yang kumaksud.  Ya, Brickbreaker adalah satu-satunya game yang diimplant oleh RIM di handset bikinannya.  walaupun hanya satu game, tapi udah bisa bikin sibuk aku seharian.  Halah…

Brickbreaking… mulanya adalah satu kegiatan selingan di sela-sela waktu menunggu.  Tapi sekarang sudah mulai merasuk ke alam mimpi… yang ini boong banget.  Tapi kayaknya udah nyaris hehe…   Apalagi yang bikin nyandu dari suatu game, kalo bukan urusan mecahin rekor highscore sebelumnya?  😀

Gamenya sederhana aja, main pantul-pantulan bola, yang tujuannya mecahin batu bata yang tersedia di setiap level game.  Tiap level susunan bricknya beda-beda, makin lama makin susah dan butuh teknik-teknik tersendiri …cieh…  

Setiap kena brick, dapet point 10.  Kadang ada kapsul yang keluar dari brick bila kita lagi beruntung (digenerate secara random oleh aplikasi).  Macem-macem jenisnya.  Ada life, laser, gun, bomb, flip, wrap, catch, slow, long dan multi.  Pada awal permainan, kita dikasih 3 jatah ‘life’, yaitu kesempatan buat hidup lagi setelah bola kita jatuh (mati).  Brick ada macam-macam ada yang sekali kena pecah, ada yang baru  3 kali kena baru pecah, ada yang harus 5 kali kena dulu baru pecah, dan ada yang unbreakable brick (sebenernya breakable juga, kalo ditembak pake gun).

Kapsul-kapsul Brickbreaker itu yang mau kubahas di sini.  Selain lucu, aku ingin banget memahami maksud-maksud RIM bikin setiap jenis kapsul. 

Life itu tambahan kesempatan untuk main lagi.   Paling seneng kalo udah dapet kapsul yang ini, karena kalo bola kita mati ga ketangkep, kita jadi bisa nerusin main.  Tapi kalo dalam kenyataan, kita bisa punya kesempatan buat bangkit dari kematian, kayak apa jadinya ya?  Mungkin bakal banyak yang mau daftar olah raga terjun payung, atau ga ada lagi orang takut naik pesawat terbang.. ato bisa jadi keamanan malah bukan jadi issue penting sama sekali.

Laser dan gun itu senjata buat nembakin brick.  Kalo pake gun, sekali tembak bisa dapat 50 poin, cuman amunisinya terbatas cuman buat 3 kali tembak.  Kalo laser, sekali tembak 10 poin dan amunisinya tak terbatas.  Ih, ini mah Amerika banget.  Jagonya dar der dor, kalo berantem beraninya cuman dari jarak jauh.  Loh kok gw jadi sewot sih.  Tapi bikin urusan mecahin bata jadi mudah.

Bomb, dari namanya juga udah ketahuan.  Buat ngebom.  Senjata ini cuman berfungsi sekali aja pas kena brick.    Sifatnya cuman bikin heboh situasi di layar game aja, cuman sekali, bisa mecahin bata tapi ga ngefek pada brick yang unbreakable. 

Multi, bola kita bisa bertambah jadi 4 buah.   Makin banyak bola yang bisa mecahin batu bata, makin cepet beres menyelesaikan satu game.  Kayak crash program aja.  Tapi bisa jadi kita kehilangan kendali atas kesemua bola itu, karena situasi jadi chaotic.  

Wrap, bikin alat pantul kita bisa nembus dinding.   Kalo ga ati-ati sama kemampuan tambahan ini, bisa kebablasan, dan bolanya  malah gak ketangkep.

Flip adalah kapsul yang paling menantang.  Dia memain-mainkan cara kerja otak kita.  Ketika kita memutar scroll ball ke kanan, si pemantul bola malah ke kiri, dan sebaliknya.  Jadi efeknya berlawanan dengan perintah otak kita.  Yang ini seperti menyuruh Yasmin.  Kalo aku pingin dia berenti berisik, aku musti nyuruh dia supaya ngoceh lebih keras lagi.  Kalo aku pingin dia ngoceh, aku diem aja di deket dia  huwakakaka… ga persis seperti itu sih tapi nyaris.. 😛  kidding, nak… 😉   Sampe sekarang aku masih kesusahan kalo dapet kapsul yang satu ini, dan kadang aku memilih untuk tidak menangkapnya.  Payah.   Tapi sudah mulai berlatih untuk menerimanya.  Demi tambahan poin.

Catch itu kapsul yang bikin pemantul menahan bola supaya nggak mantul, tiap kali ketangkep.  Jadi bisa diarahkan dulu sebelum bola diluncurkan lagi.   Asyik, bola jadi lebih bisa diatur.

Slow memperlambat laju pantulan bola, sehingga memberi kesempatan buat yang agak slow mainnya untuk menikmati permainan hehe… soalnya kadang bola bisa melaju cepat sekali seperti servenya Anna Kournikova, dan slow mengerem laju bola. 

Long membuat bidang pemantul menjadi lebih lebar sehingga lebih mampu meraih bola.

Setiap berhasil menangkap satu kapsul, poin bertambah 50.

Ok deh RIM, kayaknya aku udah mulai ngerti maksud kamu dengan kapsul-kapsul itu.

Setiap kapsul adalah kado berbentuk kesempatan bagi kita untuk menambah score.   

Bila dianalogikan dalam kehidupan, setiap kali ada kejadian menimpa diri kita, baik itu dalam bentuk rejeki  atau musibah, bila dihadapi dengan bijak,  pasti akan menambah nilai diri kita.

Dan itulah sebabnya aku agak mencandu game ini…

*halah… ujung2nya.. pledoi…… :P*

Iklan

6 pemikiran pada “Brickbreaking

  1. wah, kehidupanku malah berbalik 180 derajat dibanding dulu.
    gelar king of game benar-benar sudah tidak berbekas sekarang.
    rencana pengen nintendo wii juga masih tertunda, masih ngitang-ngitung khawatir nyandu lagi 😀
    tapi, memang saat sesekali mencoba minigame gratisan atau yang online, syaraf-syaraf motorifku seakan dirangsang unjuk jatidiri untuk meminta lebih dan lebih dan lebih…

    1. Saat ini game yang paling mengasyikkan adalah : diri kita sendiri.
      Tantangannya: apakah kita bisa memainkan kendali diri apa nggak… 😀

      Untuk yang satu ini, aku gak bener2 kecanduan kok hehee.. cuman ‘agak’.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s