Pe-er yang satu ini agak unik, dia sedang beredar di kalangan blogger entah siapa yang paling dulu menggulirkannya. Seperti virus, pe-er ini sempat berstatus dormant beberapa lama setelah dulu pernah beredar bagaikan wabah. Perbedaannya, dulu dia mengambil media email, yang gampang didelete. Sekarang dia sudah bermutasi sesuai perkembangan lingkungan tempat dia berbiak. Dan sekarang sifatnya lebih permanen, karena sekalinya muncul di halaman seorang blogger, dia akan tetap ada di sana sambil tetap menulari blogger2 lainnya yang belum terjangkit.

Wuah! Jadi stress duluan hahahaha… Karena kini saatnya aku terjangkit dan bersiap-siaplah para blogger terdekatku yang belum kebagian tugas ini! Eng ing eng… Kwak kwak…

Sebelumnya aku mau berterimakasih pada masgi karena inspirasinya untuk ‘bercermin’.

Ada baiknya keisengan ini bermanfaat untuk memeriksa kondisi jendela johari kita. Dengan membuka 25 fakta tentang kita sendiri, kita bisa mengetahui apa yang kita ketahui tentang diri sendiri, lalu apa yang orang lain tahu tentang diri kita dan kita juga mengetahuinya. Selanjutnya, feedback dari komentar yang bergulir harusnya bisa membuka tabir apa yg diketahui orang tentang diri kita tapi kita tidak menyadarinya.

Terakhir, apa yang menjadi misteri biarlah menjadi misteri, sebagai penyeimbang agar hidup kita ini tetap exciting, right guys?😉

Ok, cukup basa-basinya ya..😀 here I go…

Fact #1

Aku anak sulung dari 4 bersaudara, perempuan, beranak dua dan menurut hasil personality test aku seorang yang Introvert, Intuitive, Thinking, dan Judging. Seorang strategist. Aku ingin menjadi sehebat Zhu Ge Liang, pada roman sejarah Sam Kok, yang cerdik cendekia tapi jauh dari licik.

Fact #2

Walaupun introvert, aku kadang over pede, sehingga orang sering menyangka aku ekstrovert. Over pede ini sebenarnya untuk menutupi sifat gak pede lho. Kayak Freddy Mercurynya Queen, sapa yang menyangka kalo aku sebenarnya pemalu?

Fact #3

Santai menghadapi masalah, jarang sekali panik. Bila tidak bisa langsung ditindaklanjuti, aku coba analisis dulu dari latar belakangnya, kenapa bisa terjadi, dan potensi hikmah yang bakal didapat. Barulah aku mencari cara untuk mencegahnya terulang di masa yang akan datang.

Fact #4

Aku lebih sering berpikir dalam tataran praktis. Bila sesuatu tidak dapat diimplementasikan, aku cenderung melupakan. Ini soal kapasitas berpikir, yang tidak seluas yang lainnya, dan mungkin juga karena aku seorang ibu.

Fact #5

Aku suka menonton film yang bagus, terutama yang sudah mendapat label penghargaan ini itu (atau sekedar nominasi, boleh juga), untuk membandingkan sendiri hasil penilaian juri dengan penilaianku. Huahaha.. Tapi gak keberatan nonton film action untuk selingan, jadi ada kesempatan mengomentari hal2 yang nggak logis, tapi setidaknya jadi bisa membayangkan hal2 yang futuristik.

Otomatis, aku ga nonton sinetron bikinan Punjabi bersaudara. Bisa bikin aku stroke mendadak.

Fact #6

Belum bisa berhenti ngegame kalau belum selesai sampai level terakhir. Dari jaman kuliah dulu sampe udah jadi ibu2 bangkotan kayak gini, masih bela2in begadang untuk urusan yang satu ini. Makanya sekarang aku usahakan menghindari game baru, supaya nggak dipecat dari pekerjaan, atau dari jabatan istri😆

Fact #7

Sayang anak, dari anak mertua, anak sendiri sampai anak orang. Saking sayangnya, kalo perlu aku suka memarahi. Tapi semua demi kebaikan orang yang kusayangi. Mungkin aku bisa jadi guru.

Fact #8

Suka buku2 berat tapi ringan, seperti buku2nya kartunis Larry Gonick. Yang ringan banget kayak Benny dan Mice juga masuk ke koleksi.

Fact #9

Ekspresif. Ini mungkin yang membuat aku sering dikira ekstrovert. Padahal hanya ‘eks’-nya yang sama. Walaupun sekarang sedang berlatih untuk menjadi lebih cool calm and confident. Menurut aku, begitu lebih keren!

Fact #10

Suka sekali film2 yang dibintangi Tony Leung, terutama kalau sutradaranya John Woo. Soalnya menurut aku si ayah mirip ama karakternya Tony Leung hihihi…😉

Fact #11

Aku sangat menghargai kegiatan di alam terbuka. Pada masa aku masih muda dan kuat, aku suka arung jeram, naik gunung, main futsal atau berlatih bela diri.

Kalau aku laki-laki mungkin bisa jadi sekaliber Paolo Maldini (hehe inget terus pengalaman jadi stopper waktu terpaksa ikut lomba 17an). Sampai sekarang aku masih suka dapat julukan bola bekel.

Fact #12

Loyal pada atasan yang kompeten. Bila menurutku kapasitas atasan tidak sesuai dengan gajinya, aku cenderung mengabaikan dan jalan sendiri. Jangan salahkan aku karena bergolongan darah B. Orang dengan golongan darah B adalah bola liar, sulit diatur kecuali mendapat persetujuannya, dan pemakan daging. Roarrr!

Fact #13

Karena aku bershio macan, aku cenderung membentuk karakter diri tegas, menyerempet bahaya, tapi tetap terkendali. Mungkin ini self prophecy, mungkin juga sudah bawaan lahir. Ini bukan perilaku umum buat perempuan, jadi kadang ada yang mengartikan aku jutek, dan galak. Padahal aku baik hati, tidak sombong (hanya pemalu) dan suka berurai air mata kalau menonton adegan yang menyedihkan.

Fact #14

Bersyukur karena Allah tidak membuatku menjadi perempuan yang tinggi, cantik dan bahenol. Bila demikian tentu aku akan lebih mudah terjerumus dalam jebakan dunia. Dan menurutku, perempuan cantik yang bisa melewati ujian kecantikan ini, contohnya seperti Ratih Sanggarwati, Inneke Koesherawati, atau Neno Warisman, adalah perempuan yang hebat.

Fact #15

Bagiku, teman2 dan sahabat jauh di mata dekat di hati. Aku termasuk orang yang jarang mengangkat telepon, tapi aku suka ingat mereka sewaktu-waktu, dan setiap kali teringat selalu kuucapkan doa dalam hati semoga mereka tidak melupakan aku, dan semoga mereka dalam keadaan sehat dan bahagia, seperti aku, amin.

Fact #16

Kalau berjalan sendirian, kecepatan kaki berada di level ‘high’, kalau dikejar anjing, levelnya  ‘Run Dina Run!!!’

Tapi kalo ada temen jalan, menyesuaikan lah, tenang aja.

Fact #17

Tidak menganggap hari ulang tahun harus dirayakan. Bagiku, event itu hanya perlu diingat sebagai momen evaluasi sudah sebanyak apa bekal untuk kembali sudah kita kumpulkan.

Fact #18

Tidak takut untuk menyatakan pendapat yang kuyakini dengan kuat tentang suatu hal. Kadang kala berbeda dengan pendapat pada umumnya.

Fact #19

Menghormati orang berdasarkan perilakunya, bukan karena hal2 lainnya.

Fact #20

Kalau sedang fokus pada suatu hal, aku mengabaikan hal lain. Contohnya, bila sedang serius mengerjakan sesuatu di komputer, aku sering tidak dapat mendengar orang yang memanggil namaku, bila sedang menuju satu tempat aku berusaha sampai secepat mungkin. Merasa sangat terganggu bila banyak distraksi.

Fact #21

Tidak pernah berebut tv dengan anak-anak dan suami. Apa yang mereka sedang tonton, aku ikutan nonton. Juga ketika suami baca koran atau majalah, aku ikutan baca halaman yg sedang dibaca. Nimbrung di dekat mereka lebih penting.

Fact #22

Sangat betah tinggal di bagian rumah yang dibangun dari bahan bambu. Entah kenapa. Rasanya tentram sekali.

Fact #23

Selalu sadar, kebahagiaan tidak berada jauh di suatu tempat, dia selalu ada di dalam hati.

Fact #24

Yakin bahwa Allah mengabulkan doa kita setiap saat, tidak harus selalu doa yang dipanjatkan di tempat2 yang khusus seperti di tanah suci. Right here right now, Allah mengabulkan doa hambaNya tergantung seberapa yakin hambaNya terhadap kuasaNya.

Fact #25

Daripada berbicara mengenai gerakan kembali ke alam, aku lebih suka memberi contoh. Aku sudah memberi contoh memilah sampah, membuat biopori, membangun rumah berwawasan alam, bolak-balik ke kantor dengan angkutan umum, berbekam, mengutamakan pengobatan dengan herba dst.

Nah, sekarang, giliran aku menunjuk blogger yang ingin dibuka jendela joharinya ya? Siap-siap buat :

1. om Wisnoe, wong Semarang yang unik tapi asyik gaya berceritanya🙂

2. Adel NakjaDimande, temen baruku yang bikin aku penasaran, swear.

3. Nengcha, adik aku yang sekarang sudah tumbuh lebih dewasa dan bijak. Let me see how far you’ve been doing, little sister!🙂

4. Teteh Tina, si beautifulseason, apakah benar selalu ceria seperti fotonya🙂

5. HoneyBun, yang sama2 selalu punya keyakinan yang kuat tentang sesuatu, ayo Han, saatnya bercermin🙂

6. Khalifaturrizkiaty, supaya aku bisa merasa lebih dekat denganmu..

7.  Baban Sarbana, temenku yang penulis beneran, beberapa sudah diterbitkan dan dicetak ulang.

8.  Yang lain udah ditag ama Anis yah…

Fiuh… Yang tadinya kukira kerjaan enteng dan iseng2 ini ternyata makan waktu seharian. Untung aku emang lagi cuti. Anyway, terima kasih ya Nis udah ngetag aku. Really means so much for me.

Now guys, your turn😀

23 pemikiran pada “me, myself and I

  1. Untuk Facts #6

    Ada kesamaan denganku, gak bisa berhenti ngegame kalau belum tuntas sampai level terakhir. Malah biasanya, dilanjut dengan mencari kode cheatingnya untuk lebih leluasa memainkan dengan sepuas-puasnya, juga mengganti nama nama lakon-nya dengan nama idolaku, baru berhenti.

    Untuk Facts #12

    Ada juga kesamaan, tapi aku mengartikan, bahwa aku termasuk golongan “Darah Biru” alias bangsawan, Entah bangsawan dari kerajaan Antah Berantah, hehehe🙂

  2. jadi malu nih lom ngerjain PR. kalo anakku bisa dimarahin abiz ma Mamanya. bentar ya, sebelum *berangkat* mungkin saat yang tepat, mencoba becermin seperti katamu, D. selamat deh …

    fact #11 : ingat puisiku :

    “…
    teruslah bergerak
    seperti kisaran ombak
    …”

  3. Hi, D. Tks sudah kasih PR ke diriku. Mmm… sepertinya ini pekerjaan berat, mengingat zona pribadiku cukup luas dan dengan firewall tebal. But, i’ll try to write that 4 u tok.

  4. Noe, tembok tinggi yg kau bangun itu, untuk melindungimu dari apa?

    NakjaDimande, ah benarkah? Tapi aku berjanji untuk menerimamu apa adanya.🙂

  5. Hey.. aku baca tulisan ini sampe beberapa kali, tapi kesan yang muncul tetep aja: serius banget. Jadi susah dijailin.. hihihi…
    Cuma pesen 1 aja, tetaplah jadi Dina yang berkarakter, karena itu membuatmu mudah diingat orang.
    Terkait dg nomor 19, aku bertanya-tanya apa penilaianmu terhadap peri lakuku. Tapi apa pun itu, makasih ya.. udah mau jadi teman yang sabar buat orang sejutek aku… *big hug*😀

  6. Nengcha, just between the two of us!

    Adel, yess😀

    Anis, kenapa aku harus menghormatimu? Jendral bukan, bendera pun bukan😛
    Ama temen sih aku cingcay, tau?, karena aku sendiri ragu apakah masih punya kehormatan itu *wakakakak*

  7. Thanks D, cerminan dan semangatnya. Tugas bercermin diri menurutku serius dan berat, tapi dirimu bisa membuatnya tampak menarik (santai) dan ringan. Another fact about U.

  8. Fact #11 Aku pernah menyaksikan secara live , namun pada akhir nya sisi ke perempuan annya muncul. “Eh Foto in dong sama Sempai (Pelatih) dari ITB itu : )

  9. Pak Narno, perjuangan masih terus berlanjut..

    Ati, orang dewasa pun perlu belajar sambil bermain seperti kanak-kanak ya🙂

    Udien, itu saat-saat yang indah dan menyenangkan…:)
    osh..inabu!

  10. Din, udah lama aku gak liat blogku… dan juga blog orang.. karena facebook hehe…

    Nulis tentang aku…. lah… bukannya aku sudah begitu terbuka.. hahaha….

    aku baru aja mengunjungi blog kamu. Kangen..

    Tahu gak,… waktu test assessment kemarin, ternyata sorenya aku mens.. pantesan, aku sakit kepala… dan meriang… tekanan darahku ngedrop….

  11. Nah loe… kayaknya loe pantes jadi pasien pusat rehabilitasi kecanduan fb hehehe..
    At least would u try? for yourself?🙂 daripada susah nyari ide buat ngupdate blog lagi? *usaha ngrayu*

Tinggalkan Balasan

