Awalnya adalah penasaran yang membawa diriku datang ke kopdar akbar para blogger Indonesia ini. Setidaknya, jadi ada bahan cerita untuk anak cucu bahwa nenek dulu pernah berkumpul dengan pemuda pemudi (ada nggak yang trans ya hihi) harapan bangsa perintis era Indonesia bangkit pada tahun 2008.

Awalnya juga skeptis tentang tujuan yang ingin dicapai dalam pesta ini, yang sampe sekarang belum ditemukan adanya kalimat pernyataan yang jelas selain dari ‘blogging for society‘. Yang bisa ditafsirkan bermacam-macam. Walaupun yang lebih pantes menurutku adalah blogging by society for society.

Yang jelas yang namanya pesta ya pantesnya ngumpul, makan-makan, haha hihi bareng-bareng, di satu tempat yang khusus. Selebihnya, mau dijadikan ajang networking, sinergi, lobby lobby, promosi, jualan, cari jodoh, cari sensasi, cari sumbangan, sah-sah saja. That is what it’s all about , guys.

Jadi kalo pada polling seberapa penting pesta blogger ini jawabannya kebanyakan masih bingung maksudnya penyelenggaraan pesta ini apa, ya jawabannya : harap dimaknai sendiri aja ya. As simple as that.

Penyelenggaraan eventnya sendiri mungkin tidak sesederhana itu, perhitungannya matang. Terbukti dari meningkatnya jumlah hadirin (kabarnya 700an lebih, dari tahun lalu 500an) yang berarti publikasinya sukses, dengan memanfaatkan situs social networking seperti plurk, facebook, friendster, dan satu situs khusus pestablogger.com Lancarnya perjalanan pesta, karena run down acaranya sudah diperingatkan akan dapat berubah sewaktu-waktu, menunjukkan bahwa panitia sudah bisa memprediksi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi, tidak rigid. Lokasi dan ruangan-ruangan untuk para hadirin berseliweran, makan, ngamen, jualan, promosi dan menjalankan ibadah juga sudah dipersiapkan baik-baik. Banyak yang bisa dipelajari dari itu untuk penyelenggaraan event lain. Selamat buat NdorokakungΒ yang udah ngawal acara ini dari awal sampe akhir.

Buat yang tidak bisa hadir di pesta ini, juga tidak rugi kok. Anda tidak kehilangan apa-apa. Pesta ini serupa show off force saja pada pemerintah. Serupa demo kekuatan yang halus, sebagai upaya meminta perhatian dari pihak yang bertugas mengayomi bangsa ini,Β  yang oleh panitia diterjemahkan dengan halus, yaitu dengan cara menghadirkan blogger seleb dari negara lain untuk benchmark (mudah2an pak Cahyana dan pak Kusmayadi konsen mendengarkan sesi ini juga).Β  Terutama karena para blogger yang menyempatkan (sekaligus memaksakan) datang punya satu visi yang sama : sharing pengetahuan dan wawasan untuk kemanfaatan bersama.

Mencari format pesta yang ideal memang susah, mau ikut gaya kerajaan Inggris, anak muda Amerika, atau kenduri di kampung? Jadi sebaiknya tidak usah berharap banyak pada event ini. Hehe jadi inget sahabat yang kecewa dan mutung di rumahnya gara-gara trauma pesta tahun lalu. Perjuangan tetap harus berlanjut walau misi tidak nyangkut di salah satu session acara pesta ini, setuju?

Blogger gitu loh, punya banyak jurus untuk mencapai tujuan πŸ˜€

Iklan

8 pemikiran pada “Catatan dari Pesta Blogger 2008

  1. Betul. Pesan utama yang ditangkap oleh non blogger (pemerintah dan kalangan industri) adalah ‘komunitas ini besar,solid…pemerintah dan kalangan industri harus memperhatikan komunitas ini.’.
    Kedua, komunitas ini bisa jadi ‘kaum menengah’ yang akan menggerakkan perubahan, teorinya perubahan biasanya berhasil bila digerakkan oleh ‘kaum menengah’.
    Saya juga orang yang terlalu banyak berharap dari forum ini, its OK…saya bisa memahami kesulitan panitia mengakomodir semua masukan dari anggota komunitas yang isinya sangat-sangat beragam ini.
    Btw, saya senang bisa hadir di PB2008….

  2. @prasabri : komennya melengkapi tulisan ini sehingga menjadi lebih baik kang, tks πŸ™‚

    @enggar : nah itu berarti spiritnya udah ikut hadir di pesta… πŸ˜›

    @mapetitenengcha: Yah, bayar juga sih 50K ga gratis kayak goody bag yg biasanya.. ada brosur promosi (BOOOOO!), CD Promosi (BOOOOOO!), souvenirnya: Tas file dan Kaos Pesta Blogger ukuran one size fits all.., gantungan kunci, mouse pad, stiker .. cd komunitas.. eh lumayan juga ya πŸ™‚

  3. Ada temen yg kepikiran beli tiket satu lagi demi bisa dapetin goodiebag satu lagi. Kalo dihitung-hitung, memang murah kan. 50 ribu bisa dapet tas laptop, kaos, dll. πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s