Kalo aku lagi ngumpet beberapa hari ini, salahkan biorhythm.

Udah pernah denger biorhythm?  Kalo belom tau, simak penjelasan di paragraf berikut ini.  Setelah tahu lebih banyak, kamu bisa menjadikannya justifikasi kuat untuk menjelaskan pada bos kamu kenapa kemarin tidak masuk kantor.  Ato pada suami kenapa malam ini kamu perlu ‘gencatan senjata’ dulu.  Ato pada istri kenapa hari ini kita stop ngomongin soal duit belanja yang kurang terus.  Wah jadi ngajarin yang enggak-enggak… hehehe 😆

.

 

Hari ini aku lagi ga layak ngeblog… jari-jari pegel semua….

.

Biorhythm ini temuannya Dr. Wilhelm Fliess pada awal abad lalu, ketika meriksain pasien-pasiennya, dia memperhatikan bahwa ada siklus tertentu yang sepertinya terjadi pada pasiennya yang mempengaruhi tingkat kekuatan fisik, emosi, dan intelektual mereka.

Ck ck ck ck ck….

Begitu juga seperti tingkat keimanan manusia yang bisa naik dan turun.  Hanya siklus keimanan ini yang belom sempat diteliti berapa lama siklusnya oleh Dr. Fliess.  Mungkin dia nggak berminat.  Atau karena dia dan kita sudah tahu jawabannya :  tingkat keimanan naik karena ketaatan, dan turun karena kemaksiatan!  Siklusnya bisa gak jelas… hanya kita sendiri yang bisa mengatur, mau naik naik naik atau turun turun turun, Plung! Nyemplung 😛 

Dr. Fliess menurunkan prinsip biorhythm berikut ini:

Siklus Fisik                       :  23 hari

Siklus Emosi                     :  28 hari

Siklus Mental/Intelectual  :  33 hari

Interpretasi siklus

Ketika kurva berada di atas garis tengah, kita sedang mengalami tingkatan yang positif/tinggi pada siklus terkait (fisik, emosi ata mental).  Bila terjadi pada siklus fisik, kamu akan merasa sehat, kuat, dan bila saat itu kamu hendak menjalani operasi/surgery, badan kamu lagi fit-fitnya.  Hmm… mungkin gak ya jadi salah satu pertimbangan jadwal pasien operasi.. hehehe.. kecuali yang emergency kalee..

Kalo terjadi pada siklus emosi, berarti mood kamu lagi bagus-bagusnya.  Mungkin kalo pasangan atau bos kamu lagi ngeselin banget, kamu masih bisa sikapi dengan humor. 

Kalo terjadi pada siklus mental, proses berpikirmu lagi tajam-tajamnya, fokus dan mudah konsentrasi.  Bahkan mungkin bisa banyak dapat gagasan akibat terinspirasi dari hal remeh temeh yang terjadi di depan mata kamu.

Ketika kurva berada di bawah garis tengah, kita sedang mengalami hal yang sebaliknya.  Fisik, lagi lemah dan sakitan.  Emosi lagi teu pararuguh, gak nyaman ama diri kita sendiri dan depresi.  Kamu bisa ngerasa gampang sedih, apalagi kalo liat orang-orang miskin di jalanan.  Kamu  bisa menjadi merasa sangat bersalah menenteng kemasan hp baru.  Kamu merasa dunia ini penuh sampah hanya karena melihat sampah plastik berserakan di jalan.  Pokoknya kamu akan merasa beban dunia ini ada di pundak kamu semuanya.    Sisi mental, susah konsentrasi, mau mikir apa aja susah rasanya otak lagi berkabut.

Ketika kurva berada pas di garis tengah (titik nol) adalah waktu-waktu kritis dari siklus terkait.  Apalagi kalo kejadian dua siklus sama-sama di titik nol, ini adalah waktu yang sangat-sangat kritis.  Dari sisi fisik, kamu lagi nggak fit dan sebaiknya menghindari aktivitas yang menuntut fisik prima.  Bila terjadi pada sisi emosi,  mendingan kamu menghindari argumen dan konflik deh.  Pada sisi mental, kamu akan sulit berkonsentrasi pada suatu topik tertentu yang menuntut konsentrasi penuh.

Kurva rata-rata menunjukkan tingkat rata-rata dari ketiga kondisi siklus dan bisa diinterpretasikan sebagai tingkat kesehatan umum fisik dan mental seseorang.

Inget loh, biorhythm ini hanya alat untuk mengetahui kondisi fisik, emosi dan mental kita, bukannya alat prediksi apa yang akan terjadi pada diri kita.  Ini juga terserah mau percaya mau enggak… 😛

Coba cek biorhythm kamu hari ini, trus cocok nggak?  Linknya udah kusediain di menu Daily Check sebelah kanan nih.

Eh ada juga test kompatibilitas biorhythm antara kita ama pasangan, lucu kalik ya kalo rata-rata kompatibilitasnya tinggi (di atas 80%).   

Hasil test aku dan suami…. positif!

Whew… untung aja… soalnya udah terlanjur akad nikah… hihihi… 😆

Iklan

6 pemikiran pada “Biorhythm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s