Benar-benar beruntung aku, di kala informasi mengenai susu kambing sudah sampai bertahun-tahun lalu, akhirnya dapat juga supplier yang dapat mengirimkan susu kambing segar secara reguler, dengan harga relatif murah bila dibandingkan dengan manfaat yang didapat darinya.  


Susu kambing segar ini dikirim dari wilayah Ungaran menempuh perjalanan satu malam dalam keadaan beku.  Supplier kami memelihara kambing secara organik di sana, kambing dibiarkan merumput sendiri di lapangan rumput yang sangat subur.

Setiap minggu aku bisa membeli 6 liter, karena seluruh keluarga menyukainya.

Mungkin bagi yang pernah merasakan susu kambing akan mengernyit … karena baunya emang kambing banget…  Jangan khawatir… bau kambing menandakan ini susu kambing yang asli hahahaha  🙂

Aku ingin share cara mengolahnya supaya bisa disukai seluruh keluarga, berhubung manfaatnya sangat sangat banyak, rugi rasanya bila melewatkan minuman kesehatan yang satu ini.

Pertama, masukkan 1 liter susu kambing ke dalam panci, panaskan dengan api sedang di atas kompor.

Kedua, cemplungkan kayu manis yang masih berbentuk gelondongan. 
Aku suka beli kayu manis gelondongan yang bentuknya seperti sedotan besar.  Aku suka menyediakan teh tarik disertai celupan kayu manis ini, yang segera menjadi favorit si ayah 🙂

Ketiga, ambil jahe putih/merah seruas 5 cm, bersihkan kulitnya lalu digeprek pakai ulekan supaya juice-nya keluar.  Cemplungin deh ke  dalam panci.

Keempat dan terakhir,  iris gula merah sebanyak yang disuka.  Tapi sebaiknya tidak usah terlalu banyak karena aroma kayu manis dan jahe sudah cukup wangi manis.  Masukkan  juga ke panci. Aduk-aduk, setelah larut gulanya angkat panci dari kompor. 

Jangan sampai mendidih susunya ya, nanti meluap.   Secukupnya saja kira2 ramuan sudah meresap ke susu, angkat.

Cobain deh, enaaaaaak banget.  Diminum di teras bambu depan rumah. Berkali lipat nikmatnya, alhamdulillah.  Fotonya menyusul.

Dan satu lagi treat yang disajikan dari susu kambing ini.  Ketika sisa susu yang masih banyak setelah diminum hangat-hangat (karena aku bikin 1,5 liter), termasuk kayu manis dan jahenya, kumasukkan ke dalam wadah jug tupperware, lalu kutaruh dikulkas.     Besok paginya, ketika aku menuang susu di cangkir, ikut keluar  gumpalan-gumpalan float krim kepala susu yang sedaaapp rasanya 🙂

Nyamm… jadi pingin pulang…  bikin itu lagi. 

Yasmin setelah merasakan sajian ini, terus terang langsung berseru riang :  “Bubu… bubu pintar sekali deh masaknya.   Bubu sayang kakak ya?”
Ibu mana yang nggak klepek-klepek kalo dirayu anaknya….. hahahahaha 

12 pemikiran pada “Susu Kambing Enak :D

  1. Dev, hari ini aku blom bisa cerita, karena masih di rumah jagain anak2. Teteh pengasuhnya ‘kena’ dan sekarang masih di’rawat’ 😦

  2. Serius enak ya mbak? Aku maniak susu sampai TK, sesudah itu, anti banget! Dan akhirnya sampe skrg aku hanya doyan susu kedelai…

  3. euw, ibu saya konsumsi susu kambing ini, di bogor ada yg jual 5000rupiah per 1/4 liter. tapi sejak ada yg ngomong kok bau, jadinya beliau beralih ke permen kambing, alias susu kambing dalam bentuk tablet hehehe

  4. @morening : susu kambing ini kandungannya mirip ASI. Secara aku dulu cuman dapat 3 bulan… halah 😀
    @ummuauliya: ini Laksmi yang mana yah, angkatan berapa di STTT?
    @moumtaza: aku nggak masak, cuman nyemplung2in bumbu apa susahnya hehe 😀

  5. D, lam kenal. btw boleh tahu dong supplier susu kambing kamu. soalnya supplier ku lagi ngadat alias produknya lagi jelek. barangkali beda supplier bisa kujajaki untuk jadi agen juga 🙂 makasih atas infonya ya!

  6. Andi, nanti kuhubungkan dengan vendornya ya. Tapi aku harus tanya dulu apakah beliau punya supply cukup untuk reseller kayak kamu. Biasanya pesen berapa liter per minggu, lokasi di mana?

  7. thanks D, tapi harus kuyakinkan dulu suppliernya beda dengan supplierku 🙂

    lokasi di tanahbaru depok. biasanya sekali pesan 75 bks @200 ml (15 liter) untuk 2 minggu. btw kemasannya berapa ml? thanks…

  8. Andi, silakan hubungi langsung pak Khendro di nomor flexi 02170706227 dan bilangin kalo tahu beliau dari Dina, Telkom. Aku blm ketemu beliau seminggu kemarin karena ak8 lagi di luar kota terus.
    moga sukses ya, tks

Tinggalkan Balasan

