Thanks to Abang Dhana (karyawan kantor TELKOM Rangkasbitung-red), aku dapat foto-foto cantik mengenai teknologi bangunan fasilitas umum yang ramah lingkungan, merupakan bagian dari alam itu sendiri, dan tidak memerlukan teknologi modern apapun!

Silakan nikmati foto-foto di bawah ini..

Jembatan Bambu

Welcome to San Baduy Bridge😀

Dibangun tanpa menggunakan paku.  Menyeberangi Sungai Ciujung di wilayah Desa Baduy Dalam – Ujung Kulon, selebar 25-an meter, memerlukan 4 buluh bambu yang diikat dengan ijuk sambung menyambung.  Jangan membuang waktu mencari-cari apakah ada paku yang dipakai.

Perhatikan strukturnya yang melengkung.  Dibuat demikian supaya lentur ketika menahan beban yang lewat di atasnya.

Jembatan Bambu 2

Apakah mampu menahan beban motor yang lewat? Tentu saja tidak boleh ada motor masuk ke wilayah desa, jadi jangan tanyakan itu 😛

 Murshid

Ini pak Murshid, anak Kepala Suku Baduy Dalam.  Tidak pernah sekolah formal, namun bisa berbahasa Indonesia secara otodidak.  Tidak sekolah bukan berarti tidak pintar, kan?  Kecerdasan dan kebijaksanaan yang mereka miliki, justru melampaui orang-orang kota modern.   Menurutku.  Dan menurut mereka. 

Hehe.

 Lumbung

Struktur Lumbung Padi yang terletak di ujung jembatan dan tanpa perlu pengawalan satpam, juga dibuat dari bambu dan turunannya.  Percayalah, tak ada semen, genteng, paku, bata, tembok, seperti yang rumah hybrid kami!

 Sungai Ciujung

Kaum kapitalis, please don’t ruin our paradise over here

~;@*@;~

27 pemikiran pada “Teknologi Bambu Suku Baduy Dalam

  1. lokasi jembatan kamp.gazebo masih masuk wilayah baduy luar perjalan dari batas kota ke lokasi +/1- 1 jam . melawati satu bukit mau coba .. haa yoo buktikan kalau kamu pencinta alam .. heeeeeeee

  2. Kalo anak-anak sudah agak gedean dan udah bisa diajak jalan lebih jauh … insyaAllah dijajal kalo pulau Jawa bagian kulon masih utuh.
    *wakk… ujung-ujungnya*

  3. suku baduy itu lebih pintar dari kita, orang kota yang udah kenal teknologi tinggi suruh bikin jembatan kaya tadi…….yang pasti biayanya selangit soalnya dimarkup dulu.

  4. Izin publikasi foto sudah didapat dari pemilik fotonya langsung, sebagaimana sudah disebutkan di bagian awal posting ini. Anda punya problem tentang itu? atau jangan-jangan aku perlu izin dari Tuhan?

  5. Wah gue salut deh ama kearifan suku baduy. tapi boleh ngga kita explore kesana and bantu in jualan wisata and kita sumbangin kemeraka sebagian

    thanks
    yani orangutantravel.com
    Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah

  6. Dengan hormat,
    saya tertarik dan bermaksud dalam tahun ini juga untuk membuat dokumentasi dalam bentuk film tentang kehidupan, adat dari suku Baduy dalam. Mohon informasi, dengan siapa dan instansi mana yang harus kami hubungi untuk perizinannya.

    Terima kasih dan wasalam
    Bobby Seba

  7. BerLibUr Ke Badui ga seru klo ga nikmatin jalan kaki dari badui luar ke dalam….5 jam jalan nanjak ga kerasa klo bareng2 canda tawa…..lewatin air mata yang sejuk dan segar…jembatan bambu…jembatan akar….kampung badui yang khas dan alami…..Badui adalah wisata alam yang bneerrrrrrrrrrrrr alamai…Badui I Miss U

    1. Setahu saya ada pemandunya, tapi terus terang saya sendiri belom pernah ke sana. Penjelasannya, tolong baca paragraf paling atas ok. Penjelasan foto saya dapatkan dari sumber yg sama, tks

  8. Wah…., Ini kamera kok bisa lolos masuk kesana ya…
    Setahu saya orang bisa masuk kesana dengan jalan kaki dan tidak dibolehkan membawa kamera, Hp dll. Salut dach…

    1. Ini foto2 yang ada di baduy luar.. Untuk Baduy luar kita bisa ngambil gambar.. tetapi untuk baduy dalam bawa kamera aja kita g boleh..

      Terima kasih infonya mas Agus🙂

  9. gila..penasaran bngd sumpahh…gw musti k sana..buktiin semuanya…

    ini tuhh sbnr nya udah badui dlm apa masih badui luar.
    soalnya kata gru gw badui dlam ga bs ngambil foto..ko ini bisa sii???

  10. baduy tu dasyat bgt w ma tmn2 w mpe 3 hari gk sa mandi mpe wangi karena gt bnyk larangan’y cin….
    anak kcl d sono kuat2 tenaga’y mpe dah sa terjun dr jmbatan yg mnurut w lumayan tinggi wat seumuran mereka….
    klo gk slh w dah ngjelajah 7 tmpat disono…(w dah lupa cos jaman2 sma gt)….
    ngrasain ala kamar2 baduy dalam n luar ni…
    dah gt cinlok pula,kwkwkwwww…..
    poko’y dasyat deh tu tmpat,wat yg byum nyoba ksno perlu di coba tu….

    … kamu beruntung bisa ke sana…🙂

  11. Aku baru aja ke baduy 12-14 januari 2010 kemarin, sumpah seru banget. Walaupun cape. Coz bareng2 sm temen2, acara dari sekolah. Tapi sayangnya ga ke baduy dalem coz ujan terus. Hufft… Tapi asik banget disana. I miss and love baduy…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s