Seorang ibu adalah juga seorang dokter pribadi keluarga di rumah. 

Dokter, dalam artian petugas penjaga kesehatan keluarga, yang akan lebih efektif kerjanya (dan efisien biayanya) dengan cara mencegah daripada mengobati.
Mencegah terjadinya penyakit, dimulai dari membiasakan pola makan yang sehat dalam keluarga.  Pola makan mencakup aturan waktu-waktu makan, jenis-jenis makanan yang wajib, sunnah, makruh dan haram, termasuk juga peringatan supaya jangan berlebihan.
Aturan waktu makan yang kuterapkan hanya dua:  makanlah kalo laper, dan stop makan berat setelah jam 7 malam (kecuali kepepet). 
Mumpung anak-anak masih kecil, kemungkinan keberhasilan menanamkan kebiasaan makan yang baik lebih besar, dibandingkan kalo sudah tua.  Old habit die hard.  Walau sudah sadar mana yang sehat mana yang nggak, tetep aja balik lagi ke kebiasaan lama. 

Ibu-ibu sering salah kaprah soal ini: anak-anak, ketika sedang sakit, biasanya suka susah sekali makan.  Namun ibu-ibu justru suka memaksa si kecil makan supaya badannya kuat lagi.  JANGAN SEKALI-SEKALI DIPAKSA MAKAN!   Biarkan badan si kecil berpuasa!  Karena saat itu sedang terjadi proses pengistirahatan organ-organ  pencernaan dan lainnya.  Anggap saja sedang tune up body kecilnya.  Dia akan minta makan kala badannya sudah merasa fit dan siap untuk beraktifitas lagi.
Yang harus diperhatikan adalah justru pupnya, lancar keluar atau tidak.   Sembelit yang dialami anak-anak (dan dewasa) menurunkan daya tahan tubuh karena terjadi intoxinasi (faeces & gas hasil pencernaan bakteri dalam colon yg harusnya keluar diserap lagi ke dalam tubuh sehingga badan jadi terasa ‘masuk angin’, padahal ada gas ‘beracun’ yang ikut beredar dalam darah).

Jadi pertanyaan harianku sepulang dari kantor:  anak-anak sudah pup apa belom? Begitu deh.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s