Dua minggu lalu dalam pengembaraan rutin ke toko buku, D menemukan satu judul yang unik karangan Rashmi Datt, seorang ekspatriat India di USA,  ‘Managing Your Boss‘.

Ketika membaca bab-bab pertama dalam buku ini, D tergelitik dengan pernyataan Datt :  ‘memelihara hubungan dengan atasan kita, adalah sama pentingnya dengan memelihara hubungan dengan orang tua, istri dan anak2 kita maupun customer perusahaan kita’.   Bayangkan, sama pentingnya dengan orang tua dan keluarga kita!

Lalu satu lagi yang menyentil :  ‘Berkomunikasi dengan atasan, seenggan apapun anda, sama pentingnya dengan obat bius pada saat dicabut gigi’.  Ooo,..  menyakitkannya tanpa ada obat bius…

Hubungan tersebut bagaikan tanaman yang dipupuk dan disirami secara rutin akan menghasilkan bunga yang indah atau buah yang manis.  

Namun setelah membaca lebih jauh,  D tersadar lagi, ternyata ilmu memelihara hubungan dengan atasan tidak berbeda dengan ilmu komunikasi efektif yang sudah sering dibahas di topik yang berfokus pada Customer Care. 

Yang membuat buku ini istimewa adalah bahwa kita jadi disadarkan bahwa selama ini kita telah berharap terlalu banyak dari atasan kita, yang ternyata adalah manusia juga dengan segala kekurangan dan kelebihannya.   

Selama ini kita sering bias dengan ego diri kita yang merasa bahwa sebagai bawahan, kita berhak atas bimbingan, dorongan dan reward dari atasan atas hasil kerja kita.  Kita berasumsi bahwa karena hirarkinya (dan gajinya) yang lebih tinggi dalam organisasi maka atasan otomatis memiliki kepandaian, waktu, perhatian pada bawahan dan kebijaksanaan yang tak terbatas. 

Ekspektasi seperti ini berpotensi mendatangkan rasa frustasi bila ternyata atasan kita tidak seperti yang diharapkan. 

Mengapa promosi tidak kunjung datang pada kita yang sudah bekerja dengan baik, bisa jadi merupakan contoh dari hasil hubungan dengan atasan yang kurang memuaskan.  Gue banget?

Kalau mau baca resensinya yang lebih lengkap, baca aja di KAMPIUN 🙂  mudah2an dimuat hehe 

Iklan

2 pemikiran pada “Management of Followership

  1. Alhamdulillah… bisa kepake juga 🙂 Kalo mau detil lagi baca bukunya aja, bagus sih menurutku soalnya bisa menganalisa kepribadian kita sendiri juga. Aku dapet kemarin di GM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s