interior-rumah-bambu-2.jpg

Disclaimer :    Kepada pemirsa,  source posting ini saya ambil dari brosur Yayasan Bambu Indonesia, dan blog ini BUKAN situs resmi dari Yayasan Bambu Indonesia.

Saya keberatan dipanggil pak, kang, atau ditanyai mengenai harga/biaya pembangunan bangunan bambu.  Namun informasi yang tertera di sini dapat dipergunakan untuk mendapatkan info-info tersebut secara langsung dari YBI.  Terima kasih.

Yayasan Bambu Indonesia berdiri pada tahun 1994.

Sebagai Pembina Yayasan adalah Try Sutrisno (yang saat pendirian Yayasan menjabat sebagai Wakil Presiden Soeharto).

Ketua Harian Yayasan Bambu Indonesia : Jatnika, lahir di Desa Cikidang Jawa Barat.

Pak Jatnika
Pak Jatnika, jawara dari Kulon

Sejak masih kanak-kanak di desa Cikidang Sukabumi, bapak dari 4 orang anak ini sudah mendalami seni karawitan Sunda dan kerajinan bambu.  Keahliannya ini kemudian dikembangkan membuat berbagai perabot bambu dan rumah bambu khas Jawa Barat.

Keunggulan Rumah Bambu

  • Bahannya mudah didapat di seluruh Indonesia meski harus tetap dipilih.
  • Bisa tahan lebih dari 20 tahun.
  • Konstruksinya kokoh tahan gempa dan karakternya menarik.
  • Memungkinkan untuk dibuat rumah kebun, peristirahatan, rumah tinggal dan bangunan gaya modern lainnya.
  • Menampilkan kekhasan arsitektur tropis yang indah dan berbudaya.
  • Bahan bambu tebang pilih dan melalui proses pengawetan.

Rumah Cianjur

Alamat Yayasan Bambu Indonesia & Karya Pengrajin Bambu Kidang Kencana :

Jl. Sarikaya Blok E.3 No.1

Bumi Cibinong Endah Kel. Sukahati, Cibinong

Kabupaten Bogor

Telp. (021) 8760374, HP. 081514502627

 rumah-kebun.jpg

Spesifikasi Teknis

Pondasi                          =  Umpak bata merah

Tiang                              = Bambu Bitung

Kuda-kuda, Galar         =  Bambu Gombong

Penguat Konstruksi     = Bambu tali

Ikatan                             =  Tali Ijuk, rotan

Usuk                               =  Bambu Tali

Reng                               =  Bambu Gombong

Atap                               = Genteng Mantili

Plafond                           =  Bilik Kulit Bambu

Dinding                          =  Bambu Gombong, bilik kulit bambu

Lantai                           =  Keramik Lokal

Kusen                             =  Kayu Meranti

Pintu/Jendela              =  Kayu Meranti

Dekorasi                        =  Kaca Timah, Bambu Hitam – Rotan

Finishing                       = Vernis Glotex

»

  1. Ping-balik: Perempuan Banget! Mempromosikan Rumah Bambu « Perempuan Banget!

    • Melihat rumah bambu, inget waktu kecil. Dulu di Jakarta, rumah-rumah orang Betawi, terbuat dari BAMBU, dan sekarang sudah mulai pada hilang, bahkan hampir dikatakan punah atau tidak ada sama sekali, karna kesannya kampungan dan bukan orang kaya. Tapi setelah melihat dan mendapat info dari YBI, saya jadi sangat tertarik kepada rumah bambu yang nyaman, indah, humanis, nostalgia, unik, murah meriah, anti gempa dll. Alangkah indahnya jika ditengah kota Jakarta seperti sekarang ini, banyak rumah modern yang terbuat dari BAMBU, sungguh kembali ke noslgia jakarta tempo dulu yang humanis dan imut-imut. Saya yakin dengan rumah bambu, tentu pemborosan listrik dengan pemakaian ac (air conditioning) yang hampir dipakai di setiap rumah, dapat ditekan secara signifikan(hemat energi, hemat listrik dan hemat uang). Masalah kebakaran yang sering terjadi akhir-akhir ini, karna rumah BAMBU, saya pikir tak perlu ditakuti, asal kita teliti dan hati-hati. Salam luar biasa baik dari saya.

  2. Pak Udi,
    untuk lebih detailnya, saya sarankan bapak berkunjung langsung ke workshop Yayasan Bambu Indonesia, melihat langsung berbagai bentuk rumah bambu/gazebo/musholla/pendopo dst.
    Alamatnya ada di tulisan ini. Pengunjung dipersilakan melihat-lihat.

  3. Siaran Pers DPP FKI-1
    BAZAR KARTINI FKI-1 2008
    Departemen Pemberdayaan Perempuan Front Komunitas Indonesia Satu (FKI-1), organisasi kemasyarakatan independen akan menyelenggarakan BAZAR KARTINI FKI-1 2008 di Taman Lapangan Banteng Jakarta Pusat pada tanggal 17 sampai dengan 20 April 2008.
    Demikian dikemukakan Hj.Sukoningsih,SE, Ketua Panitia Bazar Kartini FKI-1 2008 yang didampingi Hj.Tetty Abdi (Sekretaris) dan Nuraini pada pers (5/4) di Jakarta seraya menambahkan, p eranan wanita sejak RA Kartini semakin banyak mengalami perubahan, baik dalam keluarga maupun dalam peran sertanya membangun bangsa. Peranan wanita atau perempuan semakin positif bila para kaum perempuan dapat menyampaikan aspirasinya melalui komunikasi yang tepat atau baik, efektif dan sekaligus dapat mengatur serta memanfaatkan momentum yang tepat. Ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan, Meutia Hatta Swasono pada suatu ketika pernah mengatakan, ”komunikasi merupakan hal penting dalam segala aspek kehidupan”. Berpijak dari hal tersebut, Departemen Pemberdayaan Perempuan Front Komunitas Indonesia Satu (FKI-1) dan dalam rangka memperingati Hari Kartini Tahun 2008, terinspirasi untuk menyelenggarakan BAZAR KARTINI FKI-1 2008.
    “ BAZAR KARTINI FKI-1 2008 merupakan ajang atau sarana kaum perempuan yang tergabung di Front Komunitas Indonesia Satu (FKI-1) untuk melakukan komunikasi ktif dan dalam melaksanakan peran sertanya dalam membangun bangsa. Selain itu BAZAR KARTINI FKI-1 2008 juga diharapkan menunjang program pemerintah dalam mensukseskan Visit Indonesia 2008,” sebut Hj.Sukoning,SE dengan menguraikan, tujuan dari pelaksanaan BAZAR KARTINI FKI-1 2008 diantaranya adalah, m embudayakan komunikasi aktif bagi kaum perempuan dalam menyalurkan aspirasinya, mengoptimalkan peran serta kaum perempuan dalam pembangunan bangsa melalui kreatifitas dan karyanya, memberi motivasi dan meningkatkan kesadaran sesama kaum perempuan untuk terus meningkatkan perannya sebagai salah satu tiang agama dan negara dan bangsa, memberi kesempatan kepada kaum perempuan Indonesia untuk menampilkan hasil karya, kreatifitas dan sumbangsihnya dalam kemandiriannya dan m enghargai kaum perempuan yang telah berhasil dengan karya dan kreatifitasnya untuk lebih termotifasi dalam berkarya dan berkreatifitas yang lebih baik. Bagi Usaha Kecil Menengah (UKM), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Koperasi maupun UKM binaan BUMN serta pemerintah pusat maupun daerah yang ingin menjadi peserta BAZAR KARTINI FKI-1 2008 dapat menghubungi Sekretariat Panitia:Gedung Dewan Pers. Jalan Kebon Sirih No.32-34 Jakarta Pusat. Tlp.021 3503349,3864167. E-Mail:satufki@gmail.com. Website:www.apindonesia.com.
    Jakarta 5 April 2008
    Ttd
    M.Julian Manurung
    Ketua Umum DPP FKI-1

  4. Makasih atas infonya tentang Yayasan Bambu. Kebetulan kemaren saya liat2 tabloid rumah edisi Bambu yang menampilkan karya pak Jatnika juga.
    Saya sedang menimbang2 bikin rumah bambu sih, semoga budgetnya sesuai dg uang di kantong :D
    Boleh tahu realisasi kemaren per m2 berapa ya?
    thanks

  5. Hitung-hitungan kemarin dari pak Jatnika adalah 1,2 juta/m2, tapi tentu saja itu harga sebelum kenaikan BBM… Dikonsultasikan lagi saja dengan pemborongnya, tapi maksimal kenaikan seharusnya tidak lebih dari 30%.
    O ya harga tadi diluar instalasi listrik dan request khusus lainnya.

  6. saya sedang tugas akhir dan berencana ingin sekali menggunakan material bambu. informasi mengenai bahan ini sedikit banyak telah saya dapatkan, tetapi saya masih ingin tau lebih banyak tentang desain yang seperti apa yang dapat dihasilkan dari bambu ini. yang ingin saya tanyakan apa yayasan bambu juga menerbitkan buku mengenai bambu?agar saya lebih mudah mendapatka informasi tanpa harus berkunjung ke bogor.
    terimakasih

  7. Wulan,
    silakan langsung hubungi nomor telepon yang tertera di atas, pasti langsung tersambung pada Yayasan Bambu Indonesia, dan informasi yang ingin diketahui bisa langsung ditanyakan.
    Sekalian sampaikan salam dari saya untuk pak Jatnika dan keluarga ya?

  8. Subhanallah mba…
    keren bgt nih rumah bambunya..
    kebetulan banget dari dulu aku pengen banget punya rumah bambu. Dan lagi asik2nya mengeksplor ide di internet, ketemu deh blog ini. KEREN banget sih…komplit infonya :D Doain kelak aku ada rejekinya punya rumah sendiri..rumah dari bambu

    Amin

    Salam

    Angel

  9. Wa’alaikum salam Angel,
    mungkin sebelomnya kamu harus ganti panggilan dari ‘angel’ ke ‘enjel’, karena kata orang jawa angel itu susah, jangan sampe kamu susah dapetin cita-cita karena nama hehe becanda ya…

    Semoga impiannya punya rumah bambu kesampaian. Untuk zaman sekarang kelihatannya masih agak menentang arus, tapi sebentar lagi tren akan berbalik. Jadilah pelopor penghuni rumah bambu… Ayo… lawan arus… Merdeka!

  10. halo…sohib
    saya orang baru nih.. & minta tolong dong di kirimin Desain Rumah bambu Ukuran 4X6m2, dan bahan-bahan yang di perlukan. atas perhatian dan informasi sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak-banyak terimakasih..
    wassalam

    Iwan Gunawan
    02199180265
    E-mail khulusinnisa@yahoo.co.id

  11. pak jatnika yang saya hormati,

    saya saat ini sedang kebingungan karna tidak memiliki guru yang tepat untuk belajar bagaimana cara membuat kerajinan bambu yang menarik.saya ingin bertanya pada bapak tentang alat yang harus digunakan untuk membuat lubang pada sambungan??dan bagaimana caranya membuat tali pada tiap- tiap sambungan??saya sudah pernah membuat kursi bambu hanya menggunakan alat pahat untuk lubangnya.tapi saya masih bingung terlebih cara mengikat pada sambungan???saya berasal dari pulau madura, jawa timur.

    atas jawabannya saya ucapkan terima kasih banyak.

  12. Mas Slamet, sebelumnya perlu saya jelaskan bahwa blog ini tidak merepresentasikan Yayasan Bambu Indonesia. Blog ini blog pribadi saya, atas nama Dina.
    Untuk menghubungi pak Jatnika silakan menggunakan informasi no kontak YBI yg tercantum di atas. Terima kasih atas pengertiannya.

  13. pak,sy ada rencana bangun rumah dari bambu yg minimalis sj.perpaduan dgn batu alam,pondasi dgn 1/2 ayaman bambu.kontruksi atap memakai baja ringan.sy minta photonya pak.trima kasih.

  14. pak saya nasir dari bandung.
    rencana mau bangun rumah bambu diatas permukaan air (kolam) yang rencananya untuk rumah singgah sambil menghilangkan stres ukuran lahannya 6m x 4m, kalo bisa saya harus nyiapin budget berapa pak yah?

  15. aku pengen tau kira kira rumah bambu cocok ngga ya ama kondisi alam dan cuaca di kaltim trus kira2 klo aku mau buat di kaltim kira kira pa jatmika bisa ngga ngebantu trus biayanya untuk ukuran 6 x 10 meter berapa ya..,

  16. Salam Kenalan Pak jatnika.

    Saya sangat tertarik sekali untuk bisa menghubungi bpk tentang infonya untuk all about bambu

    apa saya bisa melihat situs bpk ?

    tlong bisa saya dapatkn alamat email dan situsnya pak jat ?

    Nih no hp saya pak jat 081 333 200 211.

    salam saya

    wibi.

  17. Pak Wibisono Busono,
    setahu saya sih YBI belum punya situs sendiri, dan pak Jatnika bukan seseorang yang suka berkomunikasi via email, jadi bila ingin mengontak beliau langsung saja ke nomor teleponnya, seperti yang tercantum di atas.
    Demikian info dari saya, terima kasih.

  18. kami adalah perusahan ijuk yang memproduksi ijuk dalam jumlah yang besar, terutama untuk matrial bangunan, di antaranya:

    1. Tali ijuk / tambang ijuk ( tali pengikat bambu tali ini banyak di gunakan utuk proyek reklamasi pantai, pltu, pembuatan rumah anti gempa, rumah tradisional, es teger, dll)
    2. ijuk resapan adalah ijuk untuk untuk pengisi septic tank, untuk resapan air, pembuatan lapangan terbang, lapangan bola, pembuatan tanggul, dll
    jika di perlukan perusahan kami sanggup mensuplai hingga ribuan ton lebih.
    3. ijuk bahan sapu&sikat dll
    4. sapu ijuk
    5. sikat ijuk
    6. ijuk atap
    7. ijuk eksport
    8. dan berbagai kerajian dari ijuk

    untuk memberi sedikit gambaran mengenai prodak kami bapak bisa kunjungi kami di
    http://www.ijukeksport.co.nr
    hp, 085224030304
    emal ijuk_eksport.co.id

  19. Apakah Yayasan Bambu Indonesia pindah alamat? saya jalan-jalan ke Bumi Endah Cibinong seperti alamat di atas tapi kok tidak nampak ada yayasan tsb?hanya rumah tembok biasa tanpa papan nama.Saya membayangkan akan ada contoh kerajianan bambu atau contoh rumah2 bambu di sekitarnya…….

    Lain kali sempat main-main ke komplek BCE, mencoba menyusuri jalan yang paling dekat dengan aliran sungai di bagian terjauh komplek dari jalan raya. Atau bertanya pada penduduk di situ. Lokasinya berada di pinggir aliran sungai. Tentu saja yang ingin anda lihat ada semua di situ, karena lokasi workshopnya memang di situ. Hanya saja belum tentu bisa bertemu dengan tuan rumah.

    • Assalamualikum..bpk/ibu yang membuat blog ini..saya mau bikin rumah bambu untuk org tua..yang bpk.ibu jelaskan tentang spesifikasi teknis nya itu sudah dpt dari ybi???

      • Alaykum salam, untuk spesifikasi, denah, dan sebagainya yang terkait, bisa dikonsultasikan langsung dengan pihak YBI di nomor telepon di pada artikel ini. Jadi memang perlu bertemu langsung dengan pak Jatnika ya. Rumah saya sendiri juga unik, gabungan dari rumah tembok dan bambu, jadi spesifikasinya tergantung kondisi juga. Selamat ya.. semoga jadi bangun rumahnya :D

  20. Assalamu’alaikum..

    Hi, Salam Kenal..

    Mau tanya ke Pa Jatnika,
    Mengutip dari majalah Tempo edisi 2-8 November 2009, ada gak gambar ( tlg di posting gambarnya ) rumah pake bambu lengkung2 yg langka dan knapa bisa langka? Kemudian di Sukabumi ada rumah bambu yang belum rusak sampai 27 thn..tlg dimuat jg gambarnya..

    Terima Kasih.

    Hmmm.. nanti kalo saya sudah dapat potretnya akan saya upload deh ya.. :)

  21. wah, solusi bagus tampaknya. puny rumah yang sejuk, nyaman, tapi tanpa budget mahal

    Yang bagus tidak mesti mahal, betul? :D Yang penting kreatif ya pak.

  22. pernah denger rumah bambu dengan spesifikasi yang murah dan kuat disosialisasikan untuk pengembangan rumah murah yang terjangkau utk umum dan bisa mendapatkan KPR ???….andaikan pihak terkait lebih peduli..

    andaikan rakyat Indonesia tahu akar sejarahnya… kita sudah terlalu jauh dari akar jati diri bangsa kita sendiri rupanya.

  23. Kang, Saya kadang diminta bantuan untuk membangun rumah jamur. Bahan utama dan terbanyak adalah dari bambu, tapi saat ini jarang sekali saya mendapat bambu yang tahan terhadap serangan bubuk. Untuk menanggulanginya atau untuk pengawetannya yang efektif, efisien dan tentunya murah dan aman itu gimana caranya. Mohon informasinya Kang….

  24. Setelah melihat tayangan wawancara pa jatnika mengenai bambu di televisi saya baru tahu kalau selama ini ada yayasan bambu di indonesia, saya jadi terinspirasi untuk belajar karena selama ini saya termasuk orang yang sangat menyukai bambu ,salam kenal

    Salam kenal kembali pak Karli :)

  25. Salam kenal pak… saya rencana membuat rumah bambu bebentuk jineng seluas 6m x 6m di daerah ciseeng-Babakan, Bogor
    Apakah yayasan bambu juga punya design rumah Jineng (gaya Bali/Lombok) yang bahan dasar konstruksi bisa bambu atau kayu kelapa..?
    Apabila ada saya mohon juga berapa biayanya
    Apakah alamat & nomer telepon diatas diatas masih valid

  26. kpd yth
    yayasan bambu indonesia
    saya tertarik dengan penggunaan bambu sbagai bahan bangunan,saya berminat mengikuti pelatihan apakah saya dapat mengikuti platihan dalam pembuatatan rumah bambu.dan berapa lama?

    • Bagi pemirsa posting ini yang ingin kontak dengan Yayasan Bambu Indonesia, silakan langsung telepon ke nomor resmi YBI yaitu (021) 8760374.

      Adapun blog Perempuan Banget! ini bukan outlet resmi dari YBI.

  27. pak kalau saya bawa rombongan bisakah sekaligus menginap di lokasi yayasan bambu..
    kalau tidak adakah yang terdekat, mungkin rumah2 bambu jugalah..
    thanks uun

  28. Yth. yayasan Bambu Indonesia
    Kami butuh Bambu dengan ketentuan sbb:
    Jenis Bambu : Bambu Apus/Awi Tali/ Asparagus cochinchinensis
    Jumlah kebutaan : 25 juta batang
    Spesipikasi : Diameter Ujung 4+cm, Panjang 500cm
    Estimasi : 1 pohon bambu jadi dua batang
    Waktu Pengiriman : 60 hari (sekitar 5 September a/d 5 Nopember 2011-08-10
    Lokasi Pengiriman : Franco Karawang – Jawa Barat
    Pembayaran : COD/Bank to Bank

    kirim kesanggupan jumlah pengadaan dan penawaran harga via email : puskoptankarawang@gmail.com atau hubungi (sms) Tlp. 0812 0812 8673 4343
    Terima kasih

    • Dengan Hormat pak Suryana,

      saat ini Ketua Yayasan Bambu Indonesia tidak berkomunikasi via blog atau email. Bila anda serius dengan penawaran ini, silakan hubungi langsung ke alamat atau nomor telepon YBI yang tersebut di atas, terima kasih dan salam,

      Dina

  29. mbak Dina,
    terima kasih sekali sudah mem-postingkan Yayasan Bambu Indonesia, Tampak banyak orang antusias dengan pengembangan rumah dari bahan bambu, dan menyangka blog ini milik Yayasan Bambu Indonesia. Masyarakat kita ingin memanfaatkan bahan baku alam yang terbilang artistik ini tetapi minim informasi melalui internet. Semoga informasi yang dibagikan ini bisa menggugah pembaca blog ini untuk menciptakan blog lebih lengkap tentang bambu dengan segala manfaatnya.

  30. saya 9 Forum masyarakat cinta Sungai Cirebon ) akan mengadakan pelatihan pembibitan bambu sewilayah 3 cirebon tanggal antara 12 – 15 des 2011 mohon kesediaan untuk dapat mengisi acara tsb.
    kontak person kami 081 946 969 364

  31. Kalau Semua bahan yang Dipakai adalah bambu hitam sama bambu Ori kira-kira tahan berapa lama dan bagaimana Cara yang alami Dan bisa tahan lama???

    • Coba dikontak ke nomor telepon yang tercantum di sini pak. Saya sudah lama tidak ke tempat pak Jatnika karena kesibukan masing-masing, terima kasih.

  32. Bambu sangat mudah ditemukan hampir di setiap wilayah Indonesia dan sebagian besar masyarakat menggunakannya sebagi interior, bahan bangunan, kerajinan dan lain sebagainya.

    Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari bambu, salah satunya adalah meningkatkan pendapatan petani bambu jika inovasi kerajinan bambu terus dikembangkan.

    Salam Bambu dan SUKSES Untuk BAMBU INDONESIA

    Dari :
    Bambu Souvenir
    BAMBOO CRAFT SPECIALIST | http://bambusouvenir.com | 081328738736

  33. Assalamu’alaikum.. punten.. Tolong diganti nomor hape yang 0816 karena sudah tidak digunakan lagi.. ini nomor gantinya 081514502627.. nuhun..

    Wassalamu’alaikum..

    Yayasan Bambu Indonesia
    Yayasan Pengrajin Bambu Indonesia
    H. Jatnika

  34. Assalamu’alaikum….
    saya terharu sekali dg tulisannya yg mengatakan bahwa ibunda St.Khadijah pun akan mmpunyai rumah bambu d syurga nanti. entah kenapa sy memang sngat trtarik ingin mempunyai rumah dari bilik bambu wlwpun ide saya menjadi bahan tertawaan keluarga. dg saya melihat blog ini trnyata sangt mnguatkan niat saya untuk memilikinya suatu saat nanti. rumah bilik bambu yang di dalamnya di hiasi nuansa Islami…amin..
    terima kasih banyak atas infonya..

    • Wa’alaikumussalam.. Senang sekali masih jika kami bisa membantu ibu lilis untuk membuat rumah bambu.. untuk detailnya ibu lilis bisa mengunjungi website kami di rumahbambujatnika(dot)com atau menghubungi ibu Jatnika di 0815 1450 2627

      Yayasan Bambu Indonesia

    • Dear Bpk Irfan.

      Terimakasih telah menyaksikan liputan tayangan kami di Trans7.
      Kami akan sangat senang jika bapak dapat mengunjungi website resmi kami di rumahbambujatnika.com dan juga di website store.rumahbambujatnika.com.
      bapak Irfan juga dapat meninggalkan pesan di website kami tersebut.

      Yayasan Bambu Indonesia

  35. Rumah Bambu Jatnika – Yayasan Bambu Indonesia (YBI) masih di Bumi Cibinong Endah. Jika sudah ketemu perum Bumi Cibinong Endah (SILAKAN BERTANYA JIKA TIDAK TAHU) karena posisi kami bukan di pinggir jalan, melainkan di dalam Komplek Perumahan Bumi Cibinong Endah. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s