Rumah tinggal dari bambu di perumahan kota yang  modern…..  Mengapa tidak?

Bahkan Siti Khadijah as pun akan dibangunkan sebuah rumah terbuat dari bambu (qosob) di surga,  demikian janji Allah seperti tertera dalam suatu hadist.  Padahal di dataran gurun Arab di masa hidup Rasulullah tidak ada bambu.

Demikianlah kebesaran ilmu Allah swt dalam menunjukkan bangunan rumah tinggal yang paling baik bagi manusia : dari bambu.  

Rumah Kebun

 

 

 Dan subhanallah, ketika aku dan suami sedang berakrobat mengatur anggaran untuk membangun rumah yang akan ditempati keluarga nanti, muncullah ide yang kami anggap gila pada waktu itu, bagaimana kalo kita membangun rumah berbahan bambu?  Bila khawatir mengenai kekuatannya, toh memang hanya untuk sementara hingga kami bisa mengumpulkan uang lagi untuk renov ‘betulan’.

Dan demikianlah Allah menuntun kami kepada ahlinya :  ketika kami sedang jalan-jalan santai pagi hari dengan anak-anak mengenal alam di sekitar komplek rumah kontrakan kami di Cibinong, kami mulai memperhatikan gapura bambu yang memuat plang kayu bertuliskan ‘Yayasan Bambu Indonesia’.

Jalan menurun ke lembah sungai Ciliwung membawa kami pada satu area  yang rimbun oleh rumpun bambu dan berbagai pepohonan lain di antara taman yang terpelihara diselingi beberapa gazebo yang berdiri kukuh dengan aneka bentuk.  Satu bangunan rumah tinggal dari bambu berdiri megah di lereng lembah, dipayungi kerimbunan pohon besar, indah dan tidak membosankan dinikmati. Suasana menyatu dengan alam terasa memeluk kami dengan nyamannya.

Di sana kami menemui pak Jatnika.  Beliau sudah rapi padahal kami masih mengenakan pakaian tidur kami semalam, mandi pun belum.  Setelah mengobrol sekian lama baru kami mengetahui posisi beliau sebagai Ketua Harian Yayasan Bambu Indonesia.  

‘Kantor’ Yayasan ini menempati area sekitar 2 hektar letaknya di lembah sungai Ciliwung yang airnya mengalir membatasi komplek Bumi Cibinong Endah Kel. Sukahati Cibinong, dengan dataran rumah penduduk asli.

Dari beliau kami mengetahui,  bahwa bambu sangat layak dijadikan bahan bangunan utama untuk rumah tinggal, rumah kebun, gazebo, musholla, masjid.  Bambu memiliki elastisitas tinggi, tidak mudah patah sehingga dalam kondisi gempa dengan guncangan tinggi rumah bambu mempunyai resiko terrendah untuk roboh/rusak.

Interior Rumah Bambu

 

 

Mengenai ketahanannya, jangan khawatir, bambu bisa tahan lebih dari 20 tahun…  asal penanganannya benar.  Mulai dari waktu penebangan bambu, proses pengawetan, waktu mulai membangun rumah,  struktur bangunan, penempatan batang bambu pangkal – ujung – pangkal - ujung dalam konstruksi agar sirkulasi udara mengalir lancar dst. 

Sirkulasi udara yang mengalir lancar di dalam batang bambu, membuat rumah bambu terasa sejuk saat siang hari karena masih menyimpan udara malam.  Terasa nyaman dan hangat pada malam hari, karena masih menyimpan udara siang.. 

Diperlakukan dengan benar, bambu menguatkan zikir penghuni rumahnya ke langit…. karena sifatnya yang mampu beresonansi.  

Dia beresonansi mengalunkan nada indah alam ini.  Oleh karena itu dia juga dijadikan alat musik angklung, calung, kolintang (perhatikan bunyi ng di akhir nama alat musik dari bambu, didapat dari sifatnya yang ikut mendengung..)

Senar kecapi yang berumah dari bambu, lebih bergaung bunyinya daripada kecapi berumah kayu…. sudah pernah dengar belum?  Subhanallah…

Tidak sekedar nyaman dan sehat untuk dihuni, rumah bambu menampilkan kekhasan arsitektur tropis yang indah dan berbudaya.

Bila rumah permanen biasa membutuhkan  rata-rata 1,8 juta per m2 (dan sekarang entah sudah naik berapa angkanya), rumah seni dari bambu yang sangat bagus bisa jatuh sekitar 1,2 per m2.  Karena rumah seni tidak membutuhkan material mahal dalam pembangunannya.  Yang terpenting adalah KREATIFITAS.   

Bagi keluarga-keluarga yang sedang berencana membangun rumah…. menginginkan rumah yang sejuk, bernuansa alam dan hemat energi,  namun sedikit terkendala budget,  maklum harga-harga melambung tak tertahankan…..   mungkin info yang kutulis ini bisa menjadi pertimbangan.   

Bagi kami sendiri, status ide membangun rumah dari bambu bukan lagi sekedar ide gila, tapi menjadi IDE CEMERLANG!  Mungkin ide PALING cemerlang yang pernah kami terapkan pada keluarga kami setelah memutuskan anak-anak masuk sekolah alam…. 

Subhanallaah, Alhamdulillaah, Laa ilaha illallaahu, Allaahu AKBAR!

Selebihnya mengenai Pembuat Rumah Bambu…

Yayasan Bambu Indonesia 

Dan ini cerita mengenai prosesi pembangunan rumah hybrid kami. Hybrid, karena merupakan gabungan dari rumah permanen dan rumah bambu.

Berikut cerita bersambung mengenai proses pembangunannya.

Minggu-2 : Rumah Hybrid 

Minggu-3 : Rumah Hybrid

Minggu-4 dan 5 : Rumah Hybrid

Minggu 7 selesai : Rumah Hybrid

Rasanya tinggal di rumah bambu

101 responses »

  1. Ping-balik: Perempuan Banget! Mempromosikan Rumah Bambu « Perempuan Banget!

    • Butik batik saya juga saya namakan BUTIK BATIK RUMAH BAMBU.. soalnya ornamen interior dan kelengkapannya semua terbuat dari bahan bambu. Kalau tidak percaya dan ingin beli batik silahkan berkunjung di tempat saya..di JL.Wiratama No.14 Yogyakarta atau kunjungi kadobatik.com selamat kepada para pecinta bambu…

      • BUTIK BATIK SAYA LARIS BERKAT NAMANYA RUMAH BAMBU, orang menjadi penasaran dan ingin berkunjung karena dengar kata RUMAH BAMBU. Walhasil tempatnya jadi tambah nyaman and artistik berkat pakai bahan-bahan bambu. Semuanya kelihatan lebih alami dan menarik begitu kata para PENGUNJUNG..di tambah lagi memang BATIKNYA BAGUS_BAGUS kata pelanggan. Batik di gantung dengan gantungan dari plastik memang kesannya lain dengan gantungan/hanger terbuat dari BAMBU. Ternyata kelihatan lebih cantik, mewah, mahal dicantolin ke bambu. ITULAH KELEBIHAN BAMBU…DAN KELEBIHAN BUTIK RUMAH BAMBU>>>Sugeng Rawuh..!!

  2. Bagi yang berminat dengan rumah bambu, silakan meninggalkan komentar. Pro atau kontra, both are welcome.
    Aku pingin tahu pendapat atau pertanyaan para pembaca.

    Thanks ya.

    • rumah bambu … biaya lebih irit . akan lebih indah apabila unsur seni ikut bermain . saya setuju untuk disosialisasikan .

      Setuju ya… :D Jadi…. kita lanjutkan saja ok…. :))

    • Alhamdulillah…saya baru tau kalo Siti Khadijah akan dibuatkan rumah dari bambu..
      Segala seSUATU yang bersifat ALAMI dan tidak MERUSAK alam kita harus mendukungnya…
      Selamat anda sudah mendukung gaya hidup sehat..dan blog anda juga bagus…bagus banget

      alhamdulillah, terima kasih. Semuanya harus dimulai dari diri kita sendiri, itu saja.

      • kalau tanah memanjang ke belakang, 5×17 model rumahbambunya kaya apa? di kranggan permai, ada showroomnya ngga yg deket?

        Setiap rumah bambu yang dibangun akan unik bunda. Modelnya menuruti bentuk tanah yang akan dibangun dan lingkungan sekitarnya. Sirkulasi udara dan pencahayaan alami akan menjadi faktor yang peling penting dalam pembangunannya. Kranggan Permai di mana ya? :)

    • Assalamua’alaikum…mbak Dina…,
      saya sangat senang dengan blog anda…
      saya juga pecinta bambu semoga bambu menjadi bahan alternatif untuk memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat yang belum mempunyai tempat tinggal. Tidak perlu malu punya rumah dari bambu justru sekarang yang dicari oleh resto, cafe, hotel ornamen dari bambu..sekarang rumah makan yg laku yg berani menampilkan bambu..karena cenderung alami dan pedesaan PASTI LARIS>> makanya sekarang bukan jamannya lagi malu jadi orang desa, malu mempunyai rumah dari bambu semua tergantung dari PRIBADI KITA…
      Salam buat para pecinta bambu….!!!
      Wassalam.


      Salam kembali untuk keluarga anda pak, semoga barokah bisnisnya, amin :)

    • Rumah bambu adalah Rumah Impian saya karna bambu adalah Anugerah dari Allah swt yang paling nyaman dan Aman untuk di Huni oleh Manusia,Bambu adalah teman bermain saya sejak kecil dan dimana saya di lahir kan dgn Beralaskan BAMBU,saya Benar2 jatuh Cinta dgn RUMAH BAMBU,bila ada teman2 yang mempunyai IDE2 atau GAMBAR2 RUMAH BAMBU saya ingin bekerja sama mengenalkan lebh jauh lagi RUMAH BAMBU ke masyarakat dan teman2 bisa menghubngi sya di No HP.081236911777.simpati o85738279777.im3,sya ingin berbagi ide2 dan kreasi,bila temn2 ingin berkunjng ke BALI bsa mampir Silaturahmi ke tempat saya. trims byk dari sya,IWAN RIDWAN,Jl.raya semer KUTA UTARA DENPASAR-BALI

    • saya sangat tertarik sekali untuk membuat rumah bambu bahkan sekolah bambu, justru saya sangat mengharapkan biayanya berapa per meternya untuk membuat rumah bambu itu

    • Saya tertarik dengan rumah bambu,selain murah jg sirkulasi udaranya bagus.sy jg dkampung rumah bambu cm dindingnya saja tiang2nya kayu.
      Sekarang ini saya punya keinginan membuat,kira2 berapa modalnya?

  3. Pertama-tama, memang tadinya nggak kepikiran bahwa bambu dijadikan bahan utama rumah tinggal. Tapi kalo kita sering ikut acara outbound, yang nginepnya di villa-villa bambu, lama-lama jadi mikir… ‘aduuh.. seneng nggak sih kalo tiap malem sepulang kerja kita ketemu ruangan yang kayak di vila itu…’…
    kalo aku sih kebayang, nggak kan pernah bosan…
    *karna aku tipe setia… yuhuyy :P*
    Trus, masalah ketahanan bangunan, ternyata kalo yg bikinnya adalah ahli bambu, nggak usah khawatir deh… Kapal Dewarutji yg terbuat dari bambu sekarang telah berumur lewat 100 tahun, bambunya masih utuh ..

  4. Perkenalkan kami Sahabat Bambu dari Yogyakarta, bergerak di pengawetan, desain dan konstruksi bambu. Akan sangat menarik jika Sahabat Bambu bisa bekerjasama dengan Yayasan Bambu untuk pengembangan perbambuan di Indonesia. Mungkin bisa dimulai dengan saling tukar informasi tentang sistem pengawetan dan konstruksi bambu.. :). Salam, Lukman (Sahabat Bambu)

  5. Hai Lukman, saya bersedia menyampaikan aspirasi dari Sahabat Bambu pada pengurus Yayasan Bambu Indonesia. Ada pemikiran untuk mendirikan Sekolah Teknologi Bambu. Berminat menggodok bersama?

  6. ya ampuuuun, seru banget rumah bambunya..kapan dong kita diundang buat main2 ke sana ??

    kayanya lucu bikin rumah bambu di villa ( masih punya mama mertua sih hihih ) di daerah ciawi..masih ada lahan kosong..buat cari inspirasi dan ngopi2…sslllrrrrppp..top banget ide nya Teh..beneran !

  7. Ping-balik: Addicted to mmm mmm.. » Meluruskan Pemahaman Bau Mulut Orang Berpuasa

  8. Kang, langsung aja hubungi Yayasan Bambu Indonesia, mereka udah jaminan ahlinya dan punya bibitnya macam-macam bambu betung, bambu tali, bambu gendang, dsb dst
    Alamatnya cari aja di blog ini.

  9. Mbak Dina, kalo boleh tahu rumahnya dimana? Dekatkah dari Cibinong? Sepertinya saya dan keluarga mau inspeksi ke rumha hibridanya.

    Rumah saya di Cibinong, sepertinya berada diseberang YBI-nya Pak Jatnika. Soalnya komplek rumah saya itu dibelakang BCE, seberang Ciliwung.

    Setelah saya coba cari info kesana-kemari, tak tahunya YBI itu dekat dengan rumah saya.
    Pasti, sekali waktu saya akan bersilaturahmi dengan Pak Jatnika dan stafnya. Sejak lama saya kagum dengan falsafah hidupnya, yang saya baca dari media massa.

    Siapa tahu, saya dan keluarga juga berniat untuk membuat rumah hibrida seperti ini. Dalam hati kecil saya, terbersit memang untuk membangun rumah bambu.

    Untuk itu, ada sejumlah pertanyaan yang perlu jawaban. Misalnya :
    1. Bagaimana dengan faktor rayap dan sebangsanya?
    2. Keamanan instalasi listriknya? Soalnya khan material bambu mudah terbakar?
    3. Bisakah dibuat bertingkat? Karena rumah saya hanya mempunyai luas tanah 72 m2. Itupun sudah dipakai bangunan 22 m2. Hanya tersisa sedikit lahan di depan dan belakang rumah.
    4. Rumah bambu tahan 20 tahun? Kira-kira dari sisi ekonomis bangunan, umur segitu itu memadai tidak ya?

    Pertanyaan itu sedianya memang untuk Pak Jatnika. Tapi kalo Mbak Dinda bisa menjawab sebagian khan bisa menjadi referensi lanjutan ke YBI.

    salam,

  10. Silakan datang ke rumah dan temukan sendiri jawabannya… Dekat kok sama flyover cibinong
    Perumahan Griya Telaga Permai Blok D9 No 11.
    Kabari di sini kalo mau inspeksi ya, open house hanya Sabtu Minggu :)

  11. Saya browser di internet, ya memang lagi cari desain-desain rumah bambu. karena rumah bambu ini memiliki nilai seni yang tinggi dan saya rasa tidak banyak uang yg sdkeluarkan untuk membangun rumah bambu dibandingkan rumah dinding tembok. saya suka yg pure menggunakan bahan bambu. ok, thank you.

  12. Saking banyaknya kegunaan bambu bagi kehidupan kita sehari-hari, sampai-sampai orang bahkan menginggalkan bambu hanya karena mengejar modernisasi. Tapi temuan kami yang penting sekarang adalah bahwa bambu ternyata bisa menjadi pusaka alam yang kekuatannya jauh melebihi pusaka budaya, karena ini murni ciptaaan Allah, manusia tinggal menggunakannya, yang walaupun punya kekuatan ghaib, manusia tidak perlu menyambahnya seperti pada jaman jahiliyah. Cukup merawatnya. Jaman sekarang rumah-rumah bambu sebaiknya dipasang juga bambu pusaka untuk pagar badan/ usaha untuk mencegah usaha2 kejahatan manusia.

  13. pusaka budaya ya berbeda dg pusaka alam. saya sendiri senang mengkoleksi yang antik2 terutama dari barang2 yg alami termasuk bambu. tapi kalau masalah ghaib itu masalah pribadi masing2. ada orang hanya suka karena uniknya bukan krn ghaib, ghoib itu sangat sulit dibuktikan org awam kecuali oleh mereka yang memang mempelajari ILMU Ghaib. lebih baik kuatkan dulu akidah baru cari tahu ILMU nya biar engga musyrik

  14. saya juga lagi cari informasi tentang rumah bambu karena kami ingin membuat rumah bambu kecil untuk dapur dan tempat cuci, adakah bisa dbantu desainnya…?

  15. Dearest mas lukman dari sahabat bambu dan rekan dr yayasan bambu ind,..saya hanya mewakili diri sendiri, tapi saya sgt tertarik utk ikut mempelajari lebih lanjut mengenai teknologi bambu,..apakah ada forum pertemuan atau sejenisnya yg bs saya ikuti lebih lanjut?
    Bagus juga tuh klo akan dibikin sekolah teknologi bambu,..siapa tau pengalaman dan pengetahuan yg sy miliki walaupun cmn sedikit bs utk urun rembug dalam pembibitan sekolah ini nanti
    mohon kesempatan utk sharingnya,..
    hatur nuhun

  16. ada ga rumah bambu yang harganya minim untuk villa di atas kolam? rencananya saya maubangun villa di atas kolam yang ukurannya 4m x 6m kalo bisa rincian anggarannya berapa?
    kayaknya asik ya niis di saung bari ngaliwet nguseup jeung ngagoreng jengkol

  17. Semoga angan2nya kesampean ya pa Nasir.
    Harga pembangunan rumah dari bambu berapa, tepatnya tergantung dari spek yang bapak pilih. Ada bambu full, atau semi permanen seperti rumah saya.
    Lebih baik bapak datang langsung ke tempat YBI, mengobrol dengan ahlinya di sana.

  18. salam hangat……………….!!!!!!!!!!
    bagus banget artikelnya tentang rumah bambu..
    o…………yaa bolehkah saya minta tentang materi mengenai “sambungan konstruksi rumah tinggal bambu” yang mengulas tentang bagaimana suatu sambungan konstruksi berikut gambar penjelas yang dapat didownload.
    karena bidang saya yang berkecimpung di teknik sipil, sebagai referensi saya untuk tugas akhir kuliah saya.
    atas balasannya saya ucapkan terima kasih……….!!

  19. Ping-balik: me, myself and I « Perempuan Banget!

  20. rumah panggung nenek saya strukturnya rangka atapnya dari bambu,rumahnya dibangun tahun 1920 an dan baru diganti bambunya pada tahun 2005,bahkan bambu jg bisa dibikin rangka cor beton utk jalan tol. bambu memang luarbiasa.

  21. Pak Narso, sejujurnya saya tidak mengetahui harga sekarang, dan tergantung spesifikasi rumah yang bapak maksud, apakah semi permanen atau bambu seluruhnya.
    Angkanya bisa sangat bervariasi dari 1jt/m2 sd 2jt/m2.

  22. ok………saatnya membuat bahan baku dari alam bambu,alang2 dst dapat menjadi karya seni yang menarik.

  23. rumah idaman saya dari dulu, hanya saja saya masih bingung harus dapat info dari mana. setelah membuka web ini….. alhamdulillah sangat bermanfaat

  24. assalamu’alaikum mba dina.. mao share aja nih :)
    saya juga sekarang sedang membangun rumah bambu
    disamping rumah ortu saya didaerah kuningan barat
    jakarta selatan
    masih aneh lo mba rumah bambu didaerahku, tetangga2 ku pada seneng ngeliatnya, walau sebagian masih ada yang meragukan daya tahannya.

    • Hehehe… Memang hanya waktu yg bisa membuktikan seberapa tahan rumah bambu bisa berdiri. Tapi ingat ya jeng, semuanya juga tergantung perawatan dari penghuni rumahnya.

  25. alhamd sy dan istri jg lg membangun rmh dgn konstruksi bambu, karena budget nya tidak terlalu mahal, sy mo tanya bagaimanakah perawatan rmh dgn bambu ini dalam jangka pendek atau hitungan bulanan, trus jangka panjang nya dgn cara gmn jg, nuhun Kang…

    • Alhamdulillah, semoga betah ya kang. Rumah saya setiap 6 bulan cat vernishnya diperbaharui sehingga mengkilat bambunya kayak baru terus. Tembok batu bata exposenya diberi aquaproof.
      Bila anda muslim, kalau kita rajin membaca Al-Quran insyaAllah lebih menenangkan penghuni DAN JUGA lebih mengawetkan rumahnya, insyaAllah.

  26. impian ku punya rumah dari bahan bambu…pokoknya sebelum aku punya rumah bambu aku ga mau nikah…aku juga udah pilih2 tempat yang pas dan udah bikin contoh designnya,doain ya…moga aku bisa…

    • Semuanya dimulai dengan visi, maka setiap langkah akan terarah. Semoga lekas terwujud impiannya ya Hamzah. Setahu saya rezeki orang membangun rumah itu sudah dijamin oleh Allah, insyaAllah.
      Kalo saya bisa, kamu juga pasti bisa :D

  27. ass wr wb
    sejak lama saya tertarik dengan design rumah bambu, bahkan saya dibesarkan di rumah yg terbuat dari bambu (maklum kami dari keluarga kurang mampu)…. alhamdulillah bapak ibuku (almarhum & almarhumah) sudah mampu (dg susah payah) menjadikan kami ber-7 anak2nya “jadi orang” dari bilik bambu tsb.
    Saat ini kami punya rumah makan yg dikelola istri tercinta …. disitu seluruh bangunan (dapur, gazebo, tempat makan, mushola, kantor dan sekarang sdg dibangun cottage) dibuat dari bambu, yg kami desain dan buat sendiri semampu kami, yg penting kokoh (sy lulusan teknik sipil ugm)…. bisa dilihat di http://www.ledokgebang.com ….

    bahkan saat ini kami sekeluarga tinggal di rumah bambu sejak 8 bulan yl, krn anak2 lebih suka tinggal disini (katanya lebih nyaman) sedangkan rumah tembok kami sekarang ditinggali para karyawan dan pembantu

    jadi intinya, yg mau bikin rumah bambu jangan ragu…. krn rumah bambu lebih indah, kokoh, bahkan tahan gempa

    Btw … rumah bambu mba Dina cakep banget, salam untuk keluarga

    wassalaam

    • Alhamdulillah.. Menemukan banyak sekali yang sepaham mengenai rumah konstruksi dari bambu yang memiliki banyak sekali kelebihan.
      Hmm aku mikir2 gimana kalo kita bikin komunitas rumah bambu aja ya mas Tri?
      Trus kita bikin kopdar di ledokgebang nyamm.. Aduh puasa jadi mikir makanan terus hehehe..

      • Ass wr wb
        ketemu lagi mbak Dina, tp kayaknya sdh jarang di update ya blognya. Alhamdulilah dari blog ini banyak yang mampir ke Blog saya di http://www.ledokgebang.com
        saat ini bangunan bambu yang saya buat semakin beragam, dan mulai November 2011 saya buat blog khusus ttg bangunan bambu, coba mampir ke http://www.bamboosha.com

        Oke mbak Dina jangan luntur semangatnya utk rumah bambu

        salam
        tribudi

      • Alhamdulillah, semoga sukses :)
        Saya masih semangat dengan bambu pak, hanya sekarang perhatian saya sudah meningkat ke hal lain. Rumah itu kan basic banget pak :) Setiap kali saya merenungi rumah ini, selalu meruap rasa syukur atas nikmat Allah yang telah dilimpahkannya kepada kami sekeluarga, sehingga kami bisa lebih mendekat kepada Allah swt.

  28. Soal keamanan gimana? tentunya dibanding tembok rumah bambu lebih mudah dibongkar oleh pencuri ya? Mohon kiat-kiat untuk menjaga rumah bambu dari ancaman dibongkarnya oleh pencuri. Terima kasih

    • Pak Mansur yang berbahagia,
      bila rumah bambu isinya barang mewah yang bakal menarik pencuri, ya nggak matching dong :)

      Justru letak kesederhanaan dari rumah bambu yang menjadi pengaman utama, menurut saya loh.. :D maaf bila salah.
      Rumah bambu tidak dilindungi oleh peralatan yang kasat mata, tapi levelnya sudah perisai yang tidak kasat mata, yaitu oleh sedekah penghuninya, do’a yg disampaikan setiap kali sholat , dhuha dan tahajud.

      Maaf ya pak bila jawaban saya kurang memuaskan :D

      • Setuju Mbak Dina, sedekah, zakat, sholat menjauhkan dari marabahaya, Insya Allah. Amiiin. Oh iya, berita rumah bambu Mbak Dina ada di Majalah Tempo terbaru, Senin ini. Rubrik gaya hidup, arsitektur: Rumah Bambu Menjawab Lindu. Salam,
        *lagi menguatkan niat bikin rumah bambu

  29. Ass, Wr. Wb.
    Alhamdulillah dari dulu saya memang pingin punya rumah dari bambu, saya masih tinggal di US tapi dalam beberapa tahun mendatang berencana untuk tinggal di Indonesia, saya suka dengan falsafah hidup “sederhana” mba’..kira- kira kalau pingin punya rumah bambu dengan 4 kamar tidur, 2 kamar mandi ( 1 di kamar tidur utama ), 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga dan balcony berapa biayanya mba’ ya.. oh ya… saya setuju dengan security system mba’.. ga’ perlu pamer barang mewah, sederhana, lindungi dengan sholat dan dan zakat…Insya Allah hidup akan terasa lebih nyaman ( lagian akhir bulan ga’ perlu mikirin bill..he..he ) makasih semua infonya mba’ ya…satu lagi bisa ngga’ mba’ saya add di facebook saya… makasih
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    • Alaikum salam,
      kelihatannya Afandi semangat sekali memiliki rumah bambu. Mudah-mudahan semangatnya tidak padam begitu mendapat tentangan dari orang terdekat.
      Tentu kita bisa berteman di facebook :) Itung-itungan biaya, lacak terus postingan dan komen-komen di blog saya yg terkait dengan rumah bambu ya, saya sudah pernah menjawab pertanyaan yg sama berkali-kali.

      Tetap semangat ya :)
      wassalam.

  30. terima kasih atas informasi yang mba Dina tulis diatas. Sayapun ingin memanfaatkan lahan kosong di belakang kami yang berukuran 8 x 12 m. Sekarang ini kami sedang memikirkan untuk membuat kamar tidur pembantu pada ukuran 3 x 6 meter. Bisakah rekan2 membantu kira2 untuk membuat kamar berbahan bahan seperti itu. terima kasih sebelumnya

  31. rumah bambu betul2 menarik, dan menjadi salah satu solusi jitu untuk rumah tahan gempa. tetapi bagaimana mengenai privasi dan kekuatan dindingnya (keamanan) ?

    Buat saya sih, serasa tinggal di villa , suasana kayak liburan terus. Yang pasti kami betah banget. Tokek dan kodok juga ikut-ikutan sering berkunjung ke rumah. Bila anda dan keluarga suka dengan kehidupan di alam bebas, rasanya rumah ini cocok.
    Privasi, tidak ada masalah. Keamanan, apa lagi :) Perawatan, 6 bulan atau 1 tahun sekali dicat bambunya pake vernis, jadi awet dan seperti baru terus
    .

  32. Mohon gambaran, kira2 berapa dana yang harus dikeluakan untuk membuat sebuah rumah bambu ukuran 8 x 10 m?
    Terima kasih.

    Urgent …:)

    Dengan harga tahun 2008, rumah kami berbiaya 1.2 juta/m2. untuk rumah ukuran 80m2 x 1,2 juta = 96juta Rupiah. Silakan

  33. Rumah bambu memang enak sekali buat dipandang dan nyaman untuk ditempati, cuma masalahnya bambu kan tidak tahan lama, selain itu rumah bambu gampang dijebol maling.

    Alhamdulillah hal-hal itu tidak menjadi masalah bagi kami :)

  34. Ping-balik: Rumah yang Menari « alonrider

  35. Artikel yang sangat luar biasa mbak, memang bambu mempunyai banyak keistimewaan dan yang sering kita dengar bahwa rumah bambu merupakan rumah yang tahan gempa. Dan Alhamdulillah kami juga sedang mengembangkan usaha kerajinan bambu, produk2 kami dari rumah bambu, gazebo, hingga kerajinan2 bambu lainnya. website kami di http://griyabambu.com silahkan mampirrr :)

  36. Ping-balik: Dalam Titian « Perempuan Banget!

  37. wah mantap mba’ artikelnya….sy tinggal diluar jawa….punya niat buat rumah bambu berukuran type 70, tapi sayangnya pak jatnika belum melayani pesanan luar pulau jawa, walaupun ongkosnya sy tanggung semua….sayang yah mba’ dina…

    coba vendor lain, di Jogja sepertinya ada beberapa yang bisa dikontak. Bila sudah niat, Allah akan menunjukkan jalan :)

  38. Saya orang awam yg punya angan mmbangun rumah semi permanen dari bambu, dana pun msh dlm angan, insyaallah jika Allah berkenan angan saya bkn skedar dalam impian.

    Amin Novi, amiin :)

  39. kalo bikin pagar dr bambu, design saya sdh pny.. bs kah..? trs mahal nda ya..? soalnya budjetnya nda banyak nih.. mohon info nya…
    trimakasih

  40. Assalamu’alaikum..wr..wb…syukron ilmu dan informasinya. Sungguh sangat inspiratif, jalan takdir juga saya menemukan web ini. Terima kasih mba..Mohon maaf, saya sedang berencana insyaallah ingin membangun rumah dengan bahan bambu juga..klo boleh tau kira2 budget yang dikeluarkan oelh mba dan kluarga brp, mohon maaf klo kurang sopan, saya ingin mengukur dlu kemampuan finansial saya….bila berkenan mohon informasinya,…jazzakallahu khairan katsiro…

    Silakan browsing diblog ini mbak, kemudian baca-baca commentnya juga.

  41. saya sangat tertarik dengan rumah bambu, tapi sy mau beli dimana ya dan berapa untuk harga bale bengongnya untuk di taruh di taman belakan rumah saya. mohon informasinya pak. makasih

  42. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    Mbak Dina……
    Sy sangat respek dgn postingan rumah bambu mbak Dina, sy baru beekeluarga Dan ingin memiliki rumah Bambu yg cantik seperti rumah .mbak, tp mgkn kesulitan krn kami tinggal di medan, bambu mgkn banyak tp yg .engerjakan tdk Ada, kira2 mbak bisa bantu lami……
    Tq.

    Eka

  43. Maaf,kira2 klo pake angkot dr Rmyana Cbinong naek ap aja ke tempat tujuan & untuk rumah 90m2 brp biaya yg hrs di keluarkan?
    Trimakasih.

  44. jd pengen nih,pengen buat rmh keluarga ,2kmr utama,1 ruang kluarga,1 ruang tmu di dpn, ,1 dapur,dan kmr mndi,kira2 brp biaya yg dikluarkan yah?..

    • Waktu saya buat di tahun 2007 biayanya 1,2 jt/m2. Itu untuk kualitas medium. Harga saat ini yang jelas sudah tidak sama, tapi kira2 lebih rendah dari harga bangunan pake tembok. Untuk lebih jelasnya silakan hubungi Yayasan Bambu Indonesia di nomor 081514502627

  45. Assalamualaikum mbak dina,,saya dian.. Salam kenal.. Saya tertarik dgan pembahasan tentang rumah bambu di blog mbak dina.. Bisa add saya di FB??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s